PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT BAGI SISWA KELAS VII MTS ROUDLOTUL BANAT TAMAN SIDOARJO

ILLIYUN WILDANI

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi kemerdekaan mengemukakan pendapat.

Desain penilitian yang digunakan adalah True Eksperimental Control group pretest-postest, dengan subyek penelitian kelas eksperimen (VII A) dan kelas kontrol (VII B). Penelitian ini dilaksanakan di MTs Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. Perlakuan kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran Direct Instruction (Pembelajaran Langsung). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji t.

Hasil analisis data dari kelas eksperimen dalam proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw diperoleh nilai rata – rata 91,6% untuk guru dan diperoleh nilai rata – rata 91,6 % untuk siswa. Maka dari itu dapat termasuk dalam kriteria sangat baik. Perhitungan hasil analisis data tes dengan menggunakan uji t untuk kelas eksperimen dan kontrol siswa kelas VII MTs Roudlotul Banat Taman Sidoarjo diperoleh hasil thitung lebih besar dari ttabel yaitu dengan hasil 5,016 > 2,028 maka dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mengalami peningkatan hasil belajar siswa.

Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkan menggunakan pembelajaran konvensional pada proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi kemerdekaan mengemukakan pendapat bagi siswa kelas VII di Mts Roudlotul Banat Taman Sidoarjo.

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, Hasil Belajar

Abstract

This research aims to know the influence of the aplication cooperative model type jigsaw toward the result student learning in the civic education. Subject about independence of express opinions.

The research design is True Experimental Control group pretest-postest, the subjects for experiment class is VII A and control class is VII B. This research conducted in MTs Roudlotul Banat Taman Sidoarjo. Treatment for experiment class with aplication cooperative learning model type jigsaw, while control class with Direct Instruction learning. For the methode are observation and test. Technique analysis data use t test.

The data analysis from experimental class in the process aplication of learning cooperative model type jigsaw get value range 91,6% for the teacher and value range 91,6% for the students. From that, it include to very good criteria. The calculation of result the data analysis using t test for experiment class and student control VII class in MTs Roudlotul Banat Taman Sidoarjo get result tcount bigest from t table with result 5,016 > 2,028 it can concluded from the aplication of learning cooperative model type jigsaw increased result of students learning.

From the conclusion of this research, it shows that the aplication of learning model of jigsaw influence toward the result of student learning. Conventional learning is more significant rather than the process of civic education learning about independence of express opinions for students VII in MTs Roudlotul Banat Taman Sidoarjo.

Keywords: Cooperative learning type jigsaw, Learning lesson


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.