Pengembangan Media Video Animasi pada Materi Lapisan Bumi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi Siswa Kelas VII di SMP Negeri 51 Surabaya

DZITHTHAULI Y

Abstract


Penelitian dilaksanakan untuk menghasilkan media video animasi yang layak dan untuk mengetahui efektivitas media video animasi materi lapisan bumi mata pelajaran IPA untuk siswa kelas VII di SMP Negeri 51 Surabaya.

Pengembangan media video animasi ini menggunakan model pengembangan R & D Borg and Gall. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, angket dan tes. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu analisis persentase hasil wawancara dan angket mengenai kelayakan media, analisis validitas butir soal analisis pencapaian hasil belajar yang diperoleh siswa kelas VII SMP Negeri 51 Surabaya.

Hasil perhitungan uji kelayakan media video animasi materi Lapisan Bumi yang dikembangkan berdasarkan wawancara dengan ahli materi yaitu 100% dan 88,88% , ahli media yaitu 94,18 % dan 88,23%. Hasil perhitungan uji coba produk pada perorangan sebesar 87,5%, kelompok kecil sebesar 85,93% dan kelompok besar sebesar 83%. Hasil perhitungan pencapaian hasil belajar menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 95 % sebesar 14,61368. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa media video animasi materi Lapisan Bumi yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif digunakan pada kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, Video Animasi, Lapisan Bumi






Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.