Pengembangan Media Modul Pada Mata Pelajaran IPA Materi Alat Optik Kelas VIII Di MTs. Roudlotul Banat Taman Sidoarjo

DEA BELLA PERMATA

Abstract


PENGEMBANGAN MEDIA MODUL

PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ALAT OPTIK

PADA KELAS VIII DI MTS ROUDLOTUL BANAT TAMAN SIDOARJO

Nama : Dea Bella Permata

NIM : 13010024027

Program : S-1

Jurusan : Kurikulum dan Teknologi Pendidikan

Fakultas : Ilmu Pendidikan

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Alim Sumarno, S. Pd., M. Pd.

Modul merupakan bahan ajar yang dapat digunakan siswa untuk belajar secara mandiri dan menilai kemapuannya dengan adanya soal evaluasi di dalam modul tersebut. Alat Optik adalah alat yang memanfaatkan sifat cahaya, hukum pemantulan, dan hukum pembiasan cahaya untuk membentuk bayangan dari sebuah benda. Alat Optik merupakan alat-alat yang menggunakan lensa, prisma, atau cermin sebagai bagain utamanya. Alat Optik terdapat dua jenis, yaitu Alat Optik alamiah dan Alat Optik buatan.

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media modul yang sesuai dengan kebutuhan, menguji kelayakan penggunaan media modul, dan menguji keefektifan penggunaan media modul pada mata pelajaran IPA materi Alat Optik untuk siswa kelas VIII MTs. Roudlotul Banat Sidoarjo.

Desain penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, kuesioner atau angket, dan tes. Teknik wawancara digunakan untuk memperoleh data studi pendahuluan untuk menggali potensi masalah yang terdapat pada subjek penelitian. Teknik kuesioner atau angket digunakan untuk memperoleh data tentang validasi materi, validasi media, dan kelayakan media yang ditujukan kepada sasaran pengembangan. Tes digunakan untuk memperoleh data kuantitatif tentang penggunaan modul.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang diperoleh dari ahli desain pembelajaran mendapat presentase nilai sebanyak 88%. Data yang diperoleh dari kedua ahli materi, memperoleh presentase nilai sebanyak 86% dan 93%. Data yang diperoleh dari kedua ahli media, memperoleh presentase nilai sebanyak 100%. Pada uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba pemakaian bahwa dari semua aspek angket mendapatkan presentase nilai masing-masing sebanyak 88%, 91%, dan 95%. Hasil perhitungan uji t untuk siswa dalam materi Alat Optik pada subjek penelitian mendapatkan presentase 6,83. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media modul dapat memenuhi kebutuhan, layak untuk digunakan, dan efektif pada mata pelajaran IPA materi Alat Optik di MTs. Roudlotul Banat Taman Sidoarjo.

Kata Kunci: Modul, Alat, Optik, IPA

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.