Pengembangan Mobile Learning berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar TOEFL Mahasiswa D3 Angkatan XII di Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut

STEVY IRINE

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan dan mengetahui kelayakan Media Mobile Learning berbasis Android untuk meningkatkan hasil belajar TOEFL Mahasiswa D3 Angkatan XII di Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut dan mengetahui pengaruh penggunaan media Mobile Learning berbasis Android terhadap hasil belajar TOEFL mahasiswa D3 Angkatan XII di Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk menguji kelayakan media menggunakan angket untuk ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil angket ahli media dan ahli materi sebagian besar menyatakan layak untuk digunakan namun masih ada beberapa revisi untuk memperbaiki media yang akan digunakan. Saat proses uji coba pemakaian, peneliti melibatkan siswa dalam kelompok besar yang berjumlah 23 siswa. Pada proses ini peneliti menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil dari Pretest-Posttest yang telah dilakukan didistribusikan dalam uji-t dengan hasil thitung sebesar 11,46 yang kemudian dikonsultasikan dengan menggunakan tabel distribusi uji-t dengan taraf signifikan 5% sebesar 2,069 , Jika thitung.>ttabel , maka terdapat signifikansi dan konsultasi antara thitung dengan ttabel. Ternyata hasil yang diperoleh terdapat thitung.>ttabel atau 11,46>2,069 maka terdapat perbedaan yang signifikan hasil pretest dan posttest. Hal ini berarti bahwa pengembangan yang dilakukan peneliti efektif untuk digunakan proses pembelajaran.

Kata Kunci : Pengembangan, Mobile Learning berbasis Android

.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.