PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL MATERI MANAJEMEN JARINGAN MATA KULIAH JARINGAN KOMPUTER JURUSAN D3 INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI ANGKATAN LAUT

MUHAMAD RIDHO TASYUKUR

Abstract


Abstrak

Penulisan skripsi berjudul pengembangan media video tutorial materi Manajemen jaringan mata kuliah jaringan komputer ini bertujuan untuk mengurangi permasalahan belajar di kelas D3 Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL). Adapun yang menjadi latar belakang pada penulisan ini karena pada kelas pembelajaran materi manajemen jaringan yang dilakukan, dianggap kurang memenuhi waktu belajar sehingga membutuhkan media tambahan sebagai pendukung proses belajar.

Penelitian ini menggunakan bidang garapan teknologi pendidikan yang termasuk pada ranah menciptakan (creating). Model pengembangan yang digunakan pada pengembangan media video ini dipilih berdasarkan karakteristik peserta didik, kondisi lingkungan, sumber belajar, dan materi yang disampaikan. Video memiliki kelebihan dapat mengatasi ruang dan waktu, praktis dan mudah penggunaannya, yaitu menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate).

Penelitian ini menggunakan metode R&D (research and development) yang sampai pada tahap revisi produk pemakaian dengan hasil rata-rata validator ahli materi 100%, yang berarti valid untuk diajarkan, 82% hasil rata-rata validator ahli media. Uji coba dilakukan dengan perorangan dengan hasil rata-rata 73%. Uji coba kelompok kecil dengan hasil rata-rata 66%. Uji coba kelompok besar dengan hasil rata-rata 70%.

Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian ini yaitu pengembangan media video tutorial materi manajemen jaringan mata kuliah jaringan komputer D3 Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut, dinyatakan layak/baik untuk dimediakan dan efektif mengurangi permasalahan dalam pembelajaran jaringan komputer.

Kata-kata kunci : Pengembangan, Video tutorial, Manajemen jaringan komputer


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.