TINGKAT KETERAMPILAN BERPIKIR SISWA SALING BERGANTUNG (DEPENDEN) DENGAN TINGKAT PENGUASAAN KONSEP SISWA (THE LEVEL OF STUDENT’S THINKING SKILL INTERDEPENDENCE WITH THE LEVEL OF STUDENT HOLDING CONCEPT)

WULAN Yunianingsih YUNIANINGSIH

Abstract


Penelitian dalam artikel ini memiliki tujuan mayor yaitu untuk menganalisis kebergantungan
(dependensi) antara capaian penggunaan keterampilan berpikir siswa SMA dan pengkelasan dalam
penguasaan konsep siswa pada materi ikatan kimia melalui strategi POGIL (Process Oriented
Guided Inquiry Learning). Rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design dengan
memberikan analisis deskriptif dan penarikan simpulan tehadap hasil data penelitian pada 39 siswa
kelas X di SMA Negeri 1 Sidoarjo yang belum menerima materi ikatan kimia. Analisis data pada
penelitian ini yaitu CRI, adaptasi penskoran skala PISA, dan statistik non parametrik uji 2.
Penelitian ini memberikan hasil, yaitu (1) sebelum pembelajaran POGIL, capaian keterampilan
berpikir siswa pada tingkat tinggi 36%, tingkat sedang 41%, dan rendah 23% serta untuk rata-rata
penguasaan prakonsepsi siswa yang tahu konsep, tidak tahu konsep, dan miskonsepsi masingmasing
adalah 60%, 14%, 26%, (2) setelah pembelajaran POGIL, capaian tingkat keterampilan
berpikir siswa mengalami peningkatan dan penguasaan konsepsi siswa mengarah ke tahu konsep,
namun terdapat konsep yang miskonsepsi berdampak kuat, dan (3) adanya kebergantungan
(dependensi) antara keterampilan berpikir dan penguasaan konsep siswa sebelum dan sesudah
pembelajaran menggunakan strategi POGIL.
Kata Kunci: Keterampilan berpikir, pengkelasan penguasaan konsep, analisis dependensi, CRI,
PISA, dan strategi POGIL.
Abstract
Research in this article has majority objective, there is to analyze dependence between student’s
reaching of using thinking skill and classifying of holding concept in chemical bonding material
with POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) strategy. Research design was One
Group Pretest-Posttest Design with descriptive analysis and make summarize from data result of
this research to 39 students grade 10th in SMA Negeri 1 Sidoarjo. Obtaining data was analyzed to
use CRI, adapted from scoring PISA scale, and non parametric of 2(chi square) test. Analysis
result of this research are (1) before implementation POGIL strategy, student’s achievement of
thinking skill for high-level 36%, medium-level 41%, and low-level 23% and student’s pre-holding
concept which was correct concept, incorrect concept, and misconception each 60%, 14%, and
26%, (2) after implementation POGIL strategy, student’s achievement of thinking skill indicated
enhancement condition and student’s holding concept shows correct concept nevertheless there
are some concept which was extend strongest miscocenption, and (3) there is dependence between
student’s achievement of thinking skill and student’s holding cocnept.
Key Word: Thinking skill, classifying of holding concept, analysis dependence, CRI, PISA, and
POGIL strategy.

Full Text: HAL. 1-10.pdf

    Online ISSN  (e-ISSN: 2252-9454)     Manuscript Template        Publication Scheme         Publication Forms                                                         

                                                             

 

  Visitors Statistic (since 20 March 2020)

Flag Counter  
                                                                 

                                                               Indexation