ANALISIS VALIDITAS LKPD BERORIENTASI BLENDED LEARNING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPENDAPAT PESERTA DIDIK KELAS X SMA PADA MATERI REAKSI OKSIDASI REDUKSI

RIMA AULIYA, KUSUMAWATI DWININGSIH

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan LKPD berorientasi blended learning untuk melatihkan keterampilan berpendapat pada materi reaksi oksidasi dan reduksi yang valid digunakan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan berdasarkan model 4D dari Thiagarajan, dkk (1974) dengan tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop) dilanjutkan dengan uji coba tanpa melalui tahap penyebarluasan (disseminate).LKPD ini ditelaah oleh 2 (dua) orang dosen Kimia Universitas Negeri Surabaya dan 1 (satu) orang guru kimia SMA Negeri 11 Surabaya. Sasaran penelitian adalah 16 orang peserta didik SMA Negeri 11 Surabaya. Instrumen yang digunakan untuk menilai validitas LKPD dalam melatihkan keterampilan berpendapat pada materi reaksi oksidasi dan reduksi ini yaitu lembar validasi LKPD dengan kriteria yang dinilai adalah dari segi validitas isi dan konstruk. Hasil rata-rata uji validitas untuk LKPD 1 adalah sebesar 84,35%; LKPD 2 sebesar 83,61%; dan LKPD 3 sebesar 84,35% yang semuanya termasuk dalam kriteria sangat baik (valid).

Kata kunci: LKPD, Blended Learning, Keterampilan Berpendapat, Reaksi Oksidasi dan Reduksi





Full Text: PDF

    Online ISSN  (e-ISSN: 2252-9454)     Manuscript Template        Publication Scheme         Publication Forms                                                         

                                                             

 

  Visitors Statistic (since 20 March 2020)

Flag Counter  
                                                                 

                                                               Indexation