MELATIHKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) PADA MATERI REAKSI OKSIDASI REDUKSI KELAS X SMA (TRAIN THE METACOGNITIVE SKILL USING DIRECT INSTRUCTION MODEL ON OXYDATION REDUCTION REACTION MATERIALS IN  X CLASS)

IQBAL AINUN ABDURRAHMAN

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran langsung, keterampilan metakognitif, hasil belajar siswa, dan korelasi keterampilan metakognitif  dengan hasil belajar siswa. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 3 SMAN 1 Gedangan pada semester 2 tahun  ajaran  2013-2014  yang  berjumlah 34 siswa. Hasil pengamatan keterlaksanaan model pembelajaran langsung  pada pertemuan I, dan II sebesar 3,18, dan 3,43. Keduanya  termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil keterampilan metakognitif berupa keterampilan planning, monitoring dan evaluation pada pertemuan I, dan  II  rata-rata sebesar 43,15 dan 46,41. Ketuntasan hasil belajar siswa secara individual pada materi pertemuan I dan II diperoleh rata-rata sebesar 81 dan 80,85, sedangkan pada ketutasan secara klasikal pada pertemuan I dan II adalah sebesar 88,23 % dan 88,23%. Korelasi keterampilan metakognitif dan hasil belajar pada pertemuan I diperoleh 0,778 sedang pada pertemuan II diperoleh 0,756. Keduanya termasuk dalam interpretasi hubungan variabel yang kuat.    


Kata Kunci: model pembelajaran langsung, Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar


The purpose of this research were to to know implementation of Direct Instruction model,metacognitive skilsl, learning outcomes , and correlation of metacognitive skills with student learning outcomes. This Research was done in class X Science SMAN 1 Gedangan 2013-2014 school year, amounting to34 students. Observation result of implementation of Problem Based Learning (PBL) at 1st, and 2nd, meeting is  3,18,and 3,43. All two are included in the excellent category . The results of metacognitive skills such as planning skills , monitoring skills and evaluation skills at 1st, and 2nd meeting are 43,15 and 46,41. In mastery learning outcomes of individual students in 1st and 2nd meeting obtained an average of 81 and 80.85, whereas in classical mastery at 1st and 2nd meeting obtained 88,23% and 88,23%. Correlation between metacognitive skills with learning outcomes at 1st meeting is 0,778 and at 2nd meeting is 0,756. All of them are included in the interpretation of high- variable relationship.


Keywords: Direct instruction model, Metacognitive skills, Learning Outcomes


Full Text: PDF

    Online ISSN  (e-ISSN: 2252-9454)     Manuscript Template        Publication Scheme         Publication Forms                                                         

                                                             

 

  Visitors Statistic (since 20 March 2020)

Flag Counter  
                                                                 

                                                               Indexation