ANALISIS PENERAPAN ALAT EVALUASI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MAGETAN

AHMAD ALIYUDDIN FANANI

Abstract


Menyelenggarakan evaluasi baik merupakan bagian  dari  kompetensi yang harus dikuasai oleh setiap guru karena evaluasi merupakan bagian yang penting dalam suatu proses pembelajaran yang digunakan sebagai alat untuk mengetahui tercapai tidaknya tujuan pembelajaran . Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jenis alat evaluasi yang digunakan oleh guru akuntansi pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa kelas X smk Negeri 1 Magetan, untuk mengetahui tingkat kelayakan dan respon siswa dari alat evaluasi yang digunakan oleh guru. Penelitian  ini  merupakan  penelitian  deskriptif  dengan  menggunakan pendekatan  kuantitatif  karena  semua  data  yang  diperoleh diwujudkan dalam bentuk angka-angka dan  dianalisis  dengan  statistik menggunakan  bantuan program Anates v.4 dan  di interpretasikan dalam bentuk deskriptif. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  guru  akuntansi  di SMK Negeri 1 Magetan untuk Ulangan Tengah Semester bentuk pilihan ganda dilihat dari aspek substansi, kontruksi, dan bahasa dikatakan layak dengan persentase 100% : 86,25% : 100%, sedangkan untuk soal bentuk Uraian juga dikatakan layak dengan persentase 100% : 62% : 100%. Dan untuk Ulangan Akhir Semester bentuk pilihan ganda juga dikatakan layak dengan persentase 94% : 85,34% : 100%. Namun analisis secara kuantitatif soal dikatakan tidak layak. Dari hasil respon siswa mengenai alat evaluasi yang digunakan oleh guru diketahui bahwa soal yang diberikan guru akuntansi sudah sesuai dengan materi pembelajaran  yang  mana  soal  tersebut  juga  sudah  bagus  dari  segi bahasa  dan  petunjuk  mengerjakan  soal  yang  akhirnya  soal  tersebut  mampu dikerjakan siswa tepat waktu.


 


Kata Kunci: Alat Evaluasi, kelayakan, dan respon siswa


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.