Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Materi Rekonsiliasi Bank Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Boyolangu

RINDANG ANDIARSA

Abstract


Penggunaan multimedia interaktif dalam proses pembelajaran menunjukan hasil yang signifikan terhadap siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran menggunakan lectora inspire., dan mengetahui tingkat kelayakan pengembangan menggunakan aplikasi lectora inspire sebagai multimedia interaktif pada pembelajaran akuntansi keuangan materi rekonsiliasi bank. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan Sadiman,yang melalui 6 tahap. Uji coba dilakukan dengan 20 peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Boyolangu. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Hasilnya menunjukan persentase yang diperoleh dari ahli media sebesar 87,23% dengan kriteria sangat layak. Persentase yang diperoleh dari ahli materi sebesar 82% dengan kriteria sangat layak. Persentase yang diperoleh dari hasil respon siswa sebesar 97,14% dengan kriteria sangat baik. Dan persentase dari keseluruhan hasil uji validasi dan respon siswa sebesar 88,79% dengan kriteria sangat layak. Jadi dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis lectora inspire layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.


Kata kunci: Multimedia Interaktif, Lectora Inspire, Rekonsiliasi Bank


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.