PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN PAPAN LABIRIN SEBAGAI ALAT PENGAYAAN PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN MATERI PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 10 SURABAYA

NUR LAILATUS S

Abstract


Penggunaan media pembelajaran yang menarik bisa memotivasi siswa untuk lebih mempelajari dan mendalami materi dalam pembelajaran. Tetapi media yang digunakan disekolah masih kurang variatif, terutama pada kegiatan pengayaan. Melalui media berupa permainan papan labirin sebagai alat pengayaan dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media permainan papan labirin sebagai alat pengayaan pada mata pelajaran pengantar akuntansi dan keuangan materi persamaan dasar akuntansi, mengetahui kelayakn media, dan mengetahui respon siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 10 Surabaya terhadap media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tertutup (lembar telaah para ahli) dan angket terbuka (lembar validasi para ahli dan angket respon siswa). Uji coba dilakukan pada 20 siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 10 Surabaya yang sudah memperoleh nilai diatas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Hasil penelitian diperoleh dari validasi para ahli yaitu ahli materi sebesar 89,285% dengan dikategorikan “sangat layak” dan ahli media sebesar 78% dengan dikategorikan “layak” serta angket respon siswa memperoleh nilai sebesar 88,75% dengan dikategorikan “sangat baik”. Berdasarkan validasi para ahli dan angket respon siswa diperoleh hasil dengan rata-rata sebesar 86,175% dengan dikategorikan sangat layak atau sangat baik.


Kata Kunci: Pengembangan, Permainan papan labirin, Alat pengayaan, ADDIE, Persamaan dasar akuntansi


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.