PENGARUH CITRA MEREK PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNESA, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DAN PERSEPSI BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI LANJUT KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XII SMA NEGERI DI SURABAYA

MUSTIKA HAYUNING PUSPANDARI

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu prioritas yang utama bagi sebagian besar masyarakat. Apalagi di tengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tuntutan globalisasi yang menginginkan manusia berkualitas dan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh 1) citra merek prodi pendidikan Akuntansi Unesa terhadap minat melanjutkan studi siswa kelas XII SMA Negeri di Surabaya, 2) status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi siswa kelas XII SMA Negeri di Surabaya, dan 3) persepsi biaya pendidikan terhadap minat melanjutkan studi siswa kelas XII SMA Negeri di Surabaya, 4)  pengaruh citra merek prodi pendidikan akuntansi unesa, status sosial ekonomi orang tua, dan persepsi biaya pendidikan terhadap minat melanjutkan studi siswa kelas XII SMA Negeri di Surabaya. Sampel yang diambil berjumlah  148 responden dari populasi sebanyak 234 siswa kelas XII SMA Negeri di Surabaya. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan kuisioner. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa (1) citra merek, status sosial ekonomi, dan persepsi biaya pendidikan secara simultan berpangaruh signifikan terhadap minat melanjutkan studi, (2) citra merek berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan studi, (3) status sosial ekonomi tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi, (4) persepsi biaya pendidikan berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan studi.


 Kata Kunci : Citra merek, status sosial ekonomi orang tua, persepsi biaya pendidikan, minat melanjutkan studi


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.