PENGARUH NILAI PENGANTAR AKUNTANSI, COMPUTER ATTITUDE, DAN MOTIVASI BELAJAR APLIKASI KOMPUTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR APLIKASI KOMPUTER MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

NURFIA LELY C

Abstract


Prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh siswa setelah melakukan beberapa rangkaian tes. Penilaian terhadap hasil belajar memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana proses pembelajaran yang telah berjalan secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai pengantar akuntansi, computer attitude, dan motivasi belajar aplikasi komputer terhadap prestasi belajar aplikasi komputer mahasiswa prodi pendidikan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitiann kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik proportional sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 110 mahasiswa. Hasil penelitian pada uji f menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yang berarti bahwa variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu prestasi belajar aplikasi komputer pada mahasiswa prodi pendidikan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Sedangkan dari hasil uji t diketahui nilai signifikansi variabel nilai pengantar akuntansi sebesar 0,000 , computer attitude sebesar 0,002, dan motivasi belajar aplikasi komputer sebesar 0,752. Hal ini menunjukkan bahwa variabel nilai pengantar akuntansi dan computer attitude memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar apliaksi komputer mahasiswa prodi pendidikan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,230 berarti bahwa 23% prestasi belajar aplikasi komputer mahasiswa prodi pendidikan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya dipengaruhi oleh nilai pengantar akuntansi, computer attitude, dan motivasi belajar aplikasi komputer. ”


 


Kata Kunci: Pengantar Akuntansi, Aplikasi Komputer myob, Computer Attitude, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.