PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI AKUNTANSI BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATERI ASET TETAP PADA SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 10 SURABAYA

RAODHOTUL JANAH

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menghasilkan produk permainan  monopoli berbasis android sebagai media pengayaan pada materi aset  tetap kelas xii akuntansi di SMK Negeri 10 Surabaya. (2) Mendeskripsikan kelayakan permainan monopoli berbasis android sebagai media pengayaan pada materi aset  tetap kelas xii akuntansi di SMK Negeri 10 Surabaya. (3) Mengetahui dan mendeskripsikan respon siswa terhadap pengembangan permainan monopoli berbasis android sebagai media pengayaan pada materi aset  tetap kelas xii akuntansi di SMK Negeri 10 Surabaya. Penelitian ini meupakan penelitian pengembangan atau research and development  (R&D) dengan model ADDIE,  namun dalam penelitian  ini berhenti  pada tahap implementation. Instrument penelitian yang digunakan untuk menilai kelayakan media pengayaan ini yaitu menggunakan Angket tertutup (lembar telaah para ahli) dan angket terbuka (validasi para ahli dan angket respon siswa). Uji coba dilakukan pada 20 siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 10 Surabayayang sudah memperoleh nilai diatas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Hasil penelitian diperoleh dari validasi para ahli yaitu ahli materi sebesar 86,5% yang dikategorikan “sangat layak” dan ahli media sebesar 88% yang dikategorikan “sangat layak” serta angket respon siswa memperoleh nilai sebesar 95,4% yang juga dikategorikan “sangat baik”. Berdasarkan validasi para ahli dan angket respon siswa diperoleh hasil dengan rata-rata sebesar 89,9% dengan dikategorikan sangat layak atau sangat baik.


 


Kata kunci: Pengembangan, Permainan Monopoli akuntansi, media berbasis android, media pengayaan, Aset tetap


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.