PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA MATERI LEMBAGA KEUANGAN DI INDONESIA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 BANGKALAN

FITRA AZKIYA FIRDIANSYAH

Abstract


Abstrak

Kurikulum 2013 merupakan pengembangan dari kurikulum yang sebelumnya, yaitu Kurikulum 2006 yang biasa disebut dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dalam proses pembelajaran Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik, dimana proses pembelajaran ini lebih berpusat pada siswa. Dalam pendekatan saintifik terdapat lima langkah pembelajaran yang dilakukan siswa. Pengamatan merupakan kegiatan paling awal dalam pembelajaran saintifik dan memiliki peranan penting untuk memahami suatu konsep. Dibutuhkan media untuk membuat kegiatan pengamatan menjadi lebih menarik dan memudahkan siswa dalam memahami konsep materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengunaan model pembelajaran numbered heads together dan team games tournament pada materi lembaga keuangan di Indonesia kelas X akuntansi di smk negeri 1 bangkalan. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian Perbandingan dan menggunakan model kooperatif tipe teams games tournament dan numbered head together. Pengumpulan data dikumpulkan menggunakan tes, satu pretest dan satu posttest untuk masing-masing kelas. Dalam penelitian ini hasil posttest pada kelas Perbandingan I dan kelas Perbandingan II didapatkan rata-rata nilai posttest yang lebih tinggi pada kelas Perbandingan II dengan rata-rata sebesar 84,66 dibanding dengan rata-rata nilai posttest yang dihasilkan oleh kelas Perbandingan I yang hanya sebesar 81,55 Selisih yang dihasilkan antara nilai posttest dan pretest di kelas Perbandingan I dan kelas Perbandingan II didapatkan rata-rata yang lebih tinggi pada kelas Perbandingan II dengan selisih sebesar 20,55 dimana kelas tersebut menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan selisih yang dihasilkan oleh kelas Perbandingan I yang hanya sebesar 17,89. bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) menunjukkan hasil yang lebih unggul dari hasil posttest dan selisih antara nilai posttest dan pretest dibandingkan dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Hal ini dikarenakan pada penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) siswa lebih memiliki tanggung jawab Bersama dalam berinteraksi dan berdiskusi dengan teman sekelompok karena aktivitas belajar yang dilakukan siswa lebih banyak.

Kata Kunci: kooperatif tipe, teams games tournament, numbered head together, Kurikum 2013, Dasar-dasar perbankan

Abstract

Curriculum 2013 is the development of the previous curriculum, the Curriculum 2006 which is called the Education Unit Level Curriculum. In the learning process Curriculum 2013 uses a scientific approach, where the learning process is more student-centered. In the scientific approach there are five learning steps that students do. Observation is the earliest activity in scientific learning and has an important role to understand a concept. It takes the media to make observation activities more interesting and easier for students to understand the concept of the material. The purpose of this study is to determine whether there are differences in the use of model numbered heads together learning and team games tournament on material financial institutions in Indonesia class X accounting in smk country 1 bangkalan . This study included into expost facto studies and using cooperative models type teams games tournament and numbered heads together. Collection of data collected using test , one pretest and one posttestfor each class. In the study this the result of posttest in experiment class I and experiment class II got the average of higher posttest value in experiment class II with average equal to 84,66 compared to mean posttest value generated by experiment class I which only equal to 81,55 The difference between the posttest and pretest values ​​in the Experiment I and Experiment II classes was found to be higher on the Experiment II class by a difference of 20.55 where the class showed a higher learning outcome than the difference generated by the class Experiment I which is only 17.89 . that the implementation of cooperative learning of Team Games Tournament (TGT) type shows superior results from the posttest result and the difference between posttest and pretest values ​​compared with the application of cooperative learning of Numbered Head Together (NHT) type . This is because the application of cooperative learning type Team Games Tournament (TGT) students have more responsibility together in interacting and discussing with a group of friends because the learning activities conducted by students more

Keywords: cooperative type , teams tournament games, Numbered heads together, the curriculum of 2013, foundations banking


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.