PERBANDINGAN HASIL BELAJAR STAD DENGAN DAN TANPA MEDIA CAI PADA PEMBELAJARAN PERBANKAN DASAR KELAS X AKL DI SMK NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO

GRAHTI SUKMANINGRUM, JONI SUSILO WIBOWO

Abstract


Kurangnya variasi penggunaan media pembelajaran. Sehingga penelitian ini bertujuan (1) Untuk menganalisis perbedaan hasil belajar model kooperatif tipe STAD dengan dan tanpa media CAI. (2) Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media CAI pada pembelajaran perbankan dasar materi kredit perbankan di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode True Experiment dengan Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AKL di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto yang berjumlah 94 siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AKL 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X AKL 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan kuisioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen yang semula 52,1 meningkat menjadi 85,3. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata hasil belajar yang semula 52,4 meningkat menjadi 80,3. Serta berdasarkan hasil uji t dari nilai rata-rata hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (3.045 > 2.000), serta nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0.003 < 0.05 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan untuk respon siswa kelas eksperimen mencapai 84,3% dengan kriteria sangat baik sehingga dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Ini membuktikan bahwa media CAI memperoleh respon positif dari siswa dalam pembelajaran perbankan dasar materi kredit perbankan di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto

Kata Kunci: Computer Assisted Instruction (CAI), Students Teams Achievement Divisions (STAD), hasil belajar

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.