STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA DALAM PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERUPA BUKU TEKS DAN MODUL ELEKTRONIK AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA MATERI JURNAL PENYESUAIAN KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 4 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

NUR ROMA PRIMA KARINA, ROCHMAWATI

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa dalam penggunaan bahan ajar berupa buku teks pelajaran dan modul elektronik akuntansi perusahaan jasa materi jurnal penyesuaian kelas X Akuntansi di SMK Negeri 4 Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan true experimental dengan rancangan randomized pretest-posttest control group design. Kelas kontrol memiliki rata-rata nilai posttest sebesar 81, sedangkan kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai posttest sebesar 91. Kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan atau diberikan perlakuan yang sama dengan sehari-hari yaitu menggunakan buku teks memiliki rata-rata pretest sebesar 51 dan rata-rata posttest sebesar 81 meningkat 30 poin, sedangkan kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan modul elektronik memiliki rata-rata pretest sebesar 53 dan rata-rata posttest sebesar 91 meningkat 38 poin. Dengan hasil perhitungan signifikansi sebesar 0,009 kurang dari 0,05 pada taraf signifikansi 5 % sehingga hipotesis diterima yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam penggunaan bahan ajar berupa buku teks pelajaran dan modul elektronik akuntansi perusahaan jasa materi jurnal penyesuaian kelas X Akuntansi di SMK Negeri 4 Surabaya tahun pelajaran 2017/2018. Pembelajaran menggunakan modul elektronik lebih unggul dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan buku teks.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.