IMPLEMENTASI APLIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) UNTUK MENDUKUNG E-GOVERNMENT PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH (BKD) PROVINSI JAWA TIMUR

MARIA KETTY DJAWA

Abstract


ABSTRAK


Pada sektor pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah telah mengalami perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yaitu melalui elektronic government (e-government). Salah satu upaya Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur dalam mendukung e-government yaitu dengan melaksanakan perencanaan pengembangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG). Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) untuk mendukung e-government pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur.


Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik keabsahan triangulasi sumber. Adapun yang menjadi subjek penelitian berjumlah 5 orang yang bekerja di Sub Bidang Pengolahan dan Pelaporan Data Pegawai di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan SIMPEG dapat membantu tugas pokok yaitu menyusun laporan, validasi, dan sinkronisasi data pegawai, dan lain-lain. Selain itu koordinasi antar instansi pemerintah dalam penerapan SIMPEG berjalan dengan baik yakni saling mendorong instansi-instansi, dan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap Satuan Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah Provinsi (BKD) Jawa Timur.


Kata Kunci: e-government, SIMPEG


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.