STUDI TENTANG LAYANAN PEMBUATAN KTKLN (KARTU TENAGA KERJA LUAR NEGERI) DI UPT P3TKI SURABAYA

NOVIANA MAHARANI

Abstract


ABSTRAK


Pelayanan merupakan kegiatan untuk  melayani konsumen yang merupakan saat yang menentukan (moment of thruths), peluang bagi organisasi  untuk  menunjukkan kredibilitas dan kapabilitasnya sebagai organisasi yang bergerak di bidang pelayanan. Hal ini menunjukan bahwa pelayanan merupakan kunci pokok yang harus diperhatikan dengan benar dari segala sisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelayanan pembuatan KTKLN, hambatan-hambatan yang dialami dalam hal pengurusan proses pelayanan pembuatan KTKLN dan faktor faktor penunjang dalam proses pelayanan pembuatan KTKLN di UPT P3TKI. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan kuesioner. Dalam penelitian ini  menggunakan subyek 2 orang pegawai LP3TKI. Obyek pada penelitian ini adalah penelitian ini yang menjadi obyek penelitian adalah pelayanan pembuatan KTKLN di UPT P3TKI Surabaya. Hasil dari penelitian ini yaitu Proses pelayanan yang diberikan oleh UPT P3TKI Surabaya tentang pembuatan KTKLN Tki datang ke upt dengan membawa persyaratan-persyaratan, petugas memverifikasi dokumen tki,  TKI mengisi formulir isian biodata,  dan pengambilan sidik jari TKI. Hambatan-hambatan yang dialami antara lain hambatan internal yang berasal dari peralatan yang rusak, system SISKOTKLN yang trouble dan hambatan eksternal yang berasal dari TKI maupun PPTKIS,  faktor penunjang dalam pelayanan ini Jaminan pelayanan satu hari jadi, pegawai yang sigap dan cekatan dalam memberikan pelayanan, pelayanan yang diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya.


Kata Kunci: Layanan, KTKLN


 


ABSTRACT


Service was meant to consumers who is serving a defining moment (moment of thruths), opportunities for organization to show the credibility and capability as an organization that runs in the service. This suggests that is the key basic services that must be considered properly from all sides. This report aims to understand service process of making KTKLN, the obstacles experienced in term of obtaining service process of making KTKLN and the factors associated in service process of making KTKLN at UPT P3TKI.This research includes descriptive qualitative. data collection techniques use interview techniques and kuesioner. In this research using subjects 2 person of LP3TKI employees. Of Object on this research which become object of research is making KTKLN at UPT P3TKI Surabaya.The results of this study the process services provided by UPT P3TKI Surabaya of the KTKLN migrant workers come into line with conditions contained, officers verify documents migrant workers, migrant workers fill in stuffing curriculum vitae, and take fingerprintins migrant workers. The obstacles experienced include  internal ressistance from which equipment is damaged, system SISKOTKLN that trouble and constraints external derived from migrant workers and PPTKIS, supporting factor in these service security one day so service, employees sprightly and skillful in providing, the service is free of charge.


Keywords: service, KTKLN


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.