PEMANFAATAN PROGRAM APLIKASI RAPID TYPING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGETIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 SURABAYA

Putri Setyawati

Abstract


ABSTRAK


Pekerjaan kantor yang paling menunjang di suatu perusahaan adalah mengetik, yakni mencapai 24,6% dari semua jenis pekerjaan kantor. Sedangkan di Sekolah Menengah Kejuruan khususnya di SMK Negeri 1 Surabaya, program keahlian administrasi perkantoran memiliki kompetensi siswa harus mampu mengoperasikan cara mengetik cepat dan tepat.


Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui kemampuan dasar siswa dalam pembelajaran mengetik kelas X program keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 1 Surabaya. (2) Menganalisa pemanfaatan program aplikasi rapid typing  dalam meningkatkan keterampilan mengetik siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X APK 2 SMK Negeri 1 Surabaya yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan teknik tes. Instrumen penelitian untuk teknik tes berupa tes kecepatan, ketepatan, dan kerapian mengetik.


Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan memanfaatkan aplikasi rapid typing pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran dapat meningkatkan kecepatan, ketepatan, dan kerapian mengetik siswa di SMK Negeri 1 Surabaya. Rata-rata kecepatan pre test siswa yang hanya 98,53 cpm menjadi 132,95 cpm pada Siklus I, kemudian meningkat menjadi 156,13 cpm pada Siklus II, dan meningkat menjadi  167,44 cpm pada Siklus III, serta 190,6 cpm pada post test. Rata- rata ketepatan pre test siswa yang hanya 88,33% menjadi 95,35% pada Siklus I, kemudian meningkat menjadi 97,14% pada Siklus II, tetapi menurun menjadi 96,82%  pada Siklus III, dan 96,06% pada Post Test. Dengan demikian, penggunaan aplikasi rapid typing ini dinyatakan dapat meningkatkan keterampilan mengetik siswa.


Kata Kunci: Aplikasi Rapid Typing, Keterampilan Mengetik


 


ABSTRACT


Clerical support in a company is typing, reaching 24.6% of all types of clerical. While in vocational high school, especially in SMK Negeri 1 Surabaya, office administrative skills programs has competency students must be able to operate fast and precise typing.


The purpose of this research (1) Knowing the basic of typing ability students in class X office administration skill  program at SMK Negeri 1 Surabaya. (2) Analyze the application program of Rapid Typing in improving typing skills of students class X office administrastion skills program at SMK Negeri 1 Surabaya. This research is a classroom action research. Subjects in this study were class X APK 2 at SMK Negeri 1 Surabaya  which has a total of 40 students. Data collection technique used observation, documentation, and testing techniques. The research instruments for engineering tests such as tests typing speed, accuracy, and neatness.


The results showed that by using rapid typing in office automation studied can be increased the speed, accuracy, and neatness typing of students. Average speed on Pre Test was 132,95 Character Per Minutes (cpm) became 98,53 cpm in Cycle I, increased to 156.13 cpm in Cycle II, and increased to 167.44 cpm in Cycle III, as well as 190.6 cpm in Post Test. Pre Test average accuracy of only 88.33% became 95.35% in Cycle I, increased to 97.14% in Cycle II, but declined to 96.82% in Cycle III, and 96.06% in Post Test. Based on these studies it can be concluded that there is a difference in typing speed, accuracy, and neatness of Result Pre Test and Post Test with the level completeness of students reached 90.Thus, the use of Rapid Typing can be increased typing skills of students.


Keywords : Application Rapid Typing, Typing Skills


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.