ANALISIS STRATEGI HUMAS UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS EKONOMI UNESA

MARINA WULANDARI

Abstract


ABSTRAK


Persaingan yang ketat antara perguruan tinggi negeri dan swasta yang makin terasa. Berbagai upaya telah dilakukan oleh perguruan tinggi untuk menarik perhatian masyarakat. Salah satunya adalah dengan mengoptimalkan strategi humas dalam memperkenalkan perguruan tinggi khususnya prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi UNESA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi humas untukmeningkatkan penerimaan mahasiswa prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi UNESA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini, instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara dan dokumentasi.


Untuk melengkapi keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi dengan sumber. Dari hasil penelitian mengenai strategi yang dilakukan humas untuk meningkatkan penerimaan mahasiswa prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi UNESA antara lain strategi humas dengan publik internal (warga UNESA) dan dan publik eksternal (masyarakat luas) yang meliputi strategi humas dengan pendekatan kerjasama, strategi humas dengan pendekatan tanggung jawab sosial, strategi humas dengan pendekatan koordinatif, strategi humas dengan pendekatan persuasif dan edukatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi humas untuk meningkatkan penerimaan mahasiswa prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran masih belum optimal karena media yang digunakan belum dimaksimalkan dengan baik misalnya siaran televisi yang masih minim, brosur yang belum tersedia di Fakultas Ekonomi serta tidak adanya kaprodi, dosen ataupun orang yang berkompeten yang terlibat dalam kegiatan roadshow sehingga hal tersebut menyebabkan banyaknya kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh prodi khususnya Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran .


Kata Kunci : Analisis Strategi Humas, Penerimaan Mahasiswa


 


ABSTRACT


Tough competition between public and private university increasingly felt. Various methods are used by the university to attract an attention of the public. One of with maximize the strategy of public relations to introduce university especially Office Administration Of Education Economy Faculty UNESA. This aims of research to describe strategy of public relations to improve the acceptance Office Administration of Education student Economy Faculty UNESA. The type of this research is a descriptive with a qualitative approach. In this research, the instruments used by researcher are interview and documentation.


To complete of this research, the validity of data is done triangulation by the source. From the result of the research of the strategies of public relations to improve acceptance Office Administration Of Education student Economy Faculty UNESA are strategy of public relations with internal public (people of UNESA) and strategy of public relations with external public (society) that includes a strategy of cooperation approach, strategy social responsibilty approach, strategy coordinative approach, strategy persuasive and educative approach. The result of the research shows that strategy of public relations to improve acceptance Office Administration of Education student Economy Faculty UNESA doesn’t optimal because the media utilization doesn’t maximimum as good as usual like television broadcast still less, there are no brochure which serve by Economy Faculty UNESA, and there’s no head study program, lecture,someone competence whom participate in the roadshow. It makes the  society don’t know about the excellent which has by Office Administration of Education.


Keywords: Analysis Strategy of Public Relations, The Acceptance of  Student College.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.