STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DAN TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMKN 4 SURABAYA

DEFILIA WANDAYATI

Abstract


Abstrak 


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan tipe STAD pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran di SMKN 4 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain eksperimen murni. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMKN 4 Surabaya yang berjumlah tiga kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X APK 2 sebagai kelas eksperimen dan X APK 3 sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 88,24 dan nilai rata-rata kelas kontrol 84,19. Berdasarkan perhitungan uji-t menggunakan uji independent sample t-test diperoleh thitung sebesar 2,454 dan ttabel  sebesar 1,993. Oleh karena itu thitung > ttabel  yang berarti bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan STAD.


Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, Teams Games Tournament, Student Teams Achievment Division


 


Abstract


This study aimed to analyze the differences in learning outcomes of students who use cooperative learning model of Teams Games Tournament (TGT) and  Student Teams Achievement Division (STAD) on the subjects of introduction to office administration. This research is an experiment with purely experimental design. The population in this study was students of class X of Office Administration in SMK 4 Surabaya consisting of three classes.The sample in this study was class X APK 2 as the experimental class and class X APK 3 as the control class. Results from the study showed that the learning outcomes of students who apply  TGT model of cooperative learning achieved higher outcomes than students who apply cooperative learning model of STAD with average value of experimental class is 88.24 and the average value of  control class is 84.19. Based on calculations using t-test on the test of t- test independent sample, tcount is obtained for 2,454 dan ttable  is 1,993. Therefore, tcount > ttable  meaning that there is a difference between the learning outcome of students in the application of  TGT and STAD.


Keywords: learning outcome, cooperative learning  model, Teams Games Tournament, Student Teams Achievment Division


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.