PEMANFAATAN PROGRAM APLIKASI TYPING MASTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGETIK PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 4 SURABAYA

DITA RISTAMILLA

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan kecepatan peserta didik Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Surabaya dengan menggunakan aplikasi Typing Master, dan (2) mengetahui peningkatan ketepatan peserta didik Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Surabaya dengan menggunakan aplikasi Typing Master. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X AP 1 SMK Negeri 4 Surabaya yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi untuk mengukur hasil kecepatan dan ketepatan mengetik siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan aplikasi Typing Master pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran dapat meningkatkan kecepatan dan ketepatan mengetik siswa di SMK Negeri 4 Surabaya. Rata-rata kecepatan Pre Test siswa yaitu 97.7 kpm menjadi 99.3 kpm pada Siklus I, kemudian meningkat pada Siklus II yaitu 142.7 kpm dan 150.1 kpm pada Post Test. Sedangkan rata-rata ketepatan Pre Test siswa yaitu 90.2% menjadi 93.1% pada Siklus I, kemudian meningkat pada Siklus II 95.7% dan 96.05% pada Post Test. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil perhitungan kecepatan dan ketepatan mengetik anatara hasil Pre Test dan Post Test.


Kata kunci : Aplikasi Typing Master, mengetik, kecepatan, ketepatan


 


Abstract


These research purpose to knowing the celerity increase from student of administration office in SMK Negeri 4 Surabaya with using Typing Master application and to knowing the accuracy increase from student of administration office in SMK Negeri 4 Surabaya with using Typing Master application. These research is Penelitian Tindakan Kelas (PTK). The subject in these research is X AP 1 class SMKN 4 Surabaya with 37 students. Collecting data method is using observation test and documentation to measure the result of celerity and accuracy student’s type. Research result shows that using Typing Master application in office automation lesson could increasing celerity and accuracy student’s type in SMKN 4 Surabaya. Normally, the student’s pre-test celerity is 97.7kpm to 99.3kpm in I sequence, Then increase in II sequence 142.7kpm and 150.1kpm in post-test. Meanwhile, normally student’s pre-test accuracy is 90.2% to 93.1% in I sequence then increase 95.7% and 96.5% in sequence II  in post-test. According the research we could conclude that there is differences between pre-test and post-test result.


Keywords: Typing master application, celerity and accuracy typing


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.