PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING MENGGUNAKAN SCHOOLOGY PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KELAS X APK 1 DI SMK NEGERI 1 LAMONGAN

VERRY IRAWAN ZAINAL

Abstract


Abstrak


Penelitian pemanfaatan media schoology sebagai media pembelajaran e-learning ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan media pembelajaran e-learning dengan menggunakan schoology serta respons siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan pada mata pelajaran korespondensi kompetensi dasar surat niaga. Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian pengembangan metode 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Pengembangan media ini ditujukan untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Pengembangan ini difokuskan pada media pembelajaran e-learning menggunakan schoology pada mata pelajaran korespondensi kompetensi dasar surat niaga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran e-learning menggunakan schoology pada mata pelajaran Korespondensi kompetensi dasar surat niaga dinyatakan sangat layak dengan hasil kelayakan materi sebesar 84% dan kelayakan media sebesar 83,43% serta rata-rata kelayakan media sebesar 83,72% dinyatakan sangat layak. Berdasar analisis respons siswa terhadap media pembelajaran e-learning menggunakan schoology pada mata pelajaran Korespondensi kompetensi dasar surat niaga mendapat respons positif dari siswa. Rata-rata hasil respons siswa sebesar 91,5%.


Kata kunci: e-learning, schoology, media pembelajaran


 


Abstract


The development research of schoology as education media investigates e-learning’s expediency as education media using schoology and student’s response to the media which is developed for correspondence subject, basic competence business letter. This research uses 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate) method in the developing process. This development aims to using information technology in education. This development is focused on e-learning as education media using schoology on correspondence subject in business letter as basic competence. The research result shows that e-learning as education media using schoology on correspondence subject in business letter as basic competence is be avowed as very decent with material expediency 84% and media expediency 83,43% with average expediency score 83,72%. The research reveals students’ response on e-learning as education media using schoology on correspondence in business letter as basic competence as very positive with average score 91,5%.


Keywords: e-learning, schoology, education media


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.