STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN TEKNIK PENYELENGGARAAN RAPAT DAN MENYELENGGARAKAN RAPAT BULANAN DI SMKN 2 BUDURAN SIDOARJO

FRIAS KUSUMA WARDANI

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran role playing dan model pembelajaran langsung pada kompetensi dasar Menjelaskan Teknik Penyelenggaraan Rapat dan Menyelenggarakan Rapat Bulanan kelas X1 APK di SMKN 2 Buduran Sidoarjo 2015-2016. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen jenis murni. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI APK yang berjumlah 60 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI APK A sebagai kelas eksperimen dan XI APK B sebagai kelas kontrol yang dipilih secara simple random sampling. Berdasarkan uji hipotesis pada nilai posstest yang dilakukan dengan menggunakan SPSS 16,0 dengan uji statisktik Independent Sample test menunjukkan taraf signifikan t-test sebesar 0,00<0,05 dan thitung>ttabel (3,753>2,03), sedangkan hasil perhitungan selisih nilai pretest dan posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa taraf signifikan t-test sebesar 0,00<0,05 dan thitung>ttabel  (4,00>1,99),   maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Role Playing  dan model pembelajaran Langsung. Hasil penelitian pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran role playinglebih besar dibandingkan pada kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Hasil ini dituunjukkan melalui rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 92,25, sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 86,00.


Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran Role Playing, model pembelajaran langsung


 


Abstract


This study aimed to analyze the differences in student learning outcomes using role playing model and direct learning model to the basic competence Explaining Technique Meeting Planning and Conducting Meetings Monthly APK X1 class at SMK 2 Buduran Sidoarjo 2015-2016.This research was experimental pure type. The population in this study were students of class XI APK who totaled 60 students. The sample in this study is A class of XI APK  as an experimental class  and B class as the controls class selected by simple random sampling.Based on the hypothesis test of the posttest values were performed using SPSS 16.0 with sample Independent statistics test showed a significant level of t-test 0.00 <0.05 and t-count> t-table (3.753> 2.03), while the result of the difference calculation between pretest and posttest values of the experimental class and control class indicates that a significant level of t-test 0.00<0.05 and t-count> t-table (4.00> 1.99), it can be concluded that Ho refused and Ha accepted, so there differences in student learning outcomes using  Role Playing model and direct learning model.The results of this research on experimental class with role playing learning model is greater than the control class with direct learning model. These results demonstrated through the average results of experimental class  92.25, while the average learning outcomes control class is 86.00.


Keywords: learning outcomes, Role Playing learning model, direct learning model


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.