PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AURORA 3D PRESENTATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X APK PADA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK NEGERI MOJOAGUNG

YENNY NOVITA SARI

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Aurora 3D Presentation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Lokasi penelitian dilakukan di SMK Negeri Mojoagung. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X APK yang berjumlah 139. Sampel yang diteliti adalah siswa kelas X APK 2 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas X APK 3 sebagai kelas eksperimen yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik Pengumpulan data menggunakan  metode wawancara, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan analisis hasil posttest dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil nilai thitung sebesar 4,494. Hasil ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kemudian pada hasil analisis selisih nilai pretest dan posttest diperoleh nilai thitung sebesar 3,472 dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 sedangkan diketahui nilai ttabel 1,994 dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 dari hasil perhitungan uji-t maka dapat diketahui bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada hasil belajar siswa yang menggunakan Media Pembelajaran Aurora 3D Presentation. Dimana hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada hasil belajar siswa di kelas kontrol.


Kata kunci: Media pembelajaran, Aurora 3D Presentation, Hasil Belajar              


 


Abstract


This research aims to know the influence of Aurora 3D Presentation learning media towards the students learning outcomes in archival subject. The type of research is Quasi Experimental Design with Nonequivalent Control Group Design. The research is conducted in SMK Negeri Mojoagung. The population of this research is the tenth grade students majoring Office Administration totalling 139 students. The sample is the tenth grade students majoring Office Administration 2 as the control class and the tenth grade students majoring Office Administration 3 as the experimental class chosen by using purposive sampling. Based on the analysis of posttest result by using t-test, it obtained the value of t-count is 4,494. Then, in the analysis result of the value difference between pretest and posttest, it obtained the value of t-count  is 3,472 with significance level as much 0,05, while the value of t-table is as much 1,994 with significance level 0,05. In addition, from t-test calculation, it can be known that Ho is rejected and Ha is accepted. Therefore, it can be concluded that there is an influence of students learning outcomes that use Aurora 3D Presentation learning media in which the students learning outcomes in experimental class is higher than the students learning outcomes in control class.


Keywords: Learning Media, Aurora 3D Presentation, Learning Outcomes


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.