ANALISIS METODE DISKUSI BERBANTUAN POP-UP BOOK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

WAHYU HIDAYATI

Abstract


Abstrak


Untuk mempermudah guru dalam menyampaikan ilmu sehingga siswa mudah memahami yang disampaikan oleh guru adalah menggunakan media pembelajaran dengan metode yang tepat. Metode diskusi adalah metode yang dapat membuat siswa menjadi aktif dan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk membuat siswa tertarik yaitu pop-up book. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode diskusi berbantuan pop-up book di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya pada Program Keahlian Administrasi Perkantoran. Hasil penelitian terdahulu dan kajian teori menunjukkan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode diskusi berbantuan pop-up book mengalami kenaikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode diskusi berbantuan pop-up book layak digunakan di SMK Program Keahlian Adminitrasi Perkantoran.


Kata Kunci: Metode Diskusi, Pop-up Book, Hasil Belajar, Administrasi Perkantoran.


 


Abstract


To make the teacher easier on delivering the study material in order that students get what the teacher taught well is using the right learning media with the right method. Discussion method is a learning method that can make students being active and the learning media that can be used by teacher to make students interested on learning is pop-up book. This research aimed to analyze discussion-assisted pop-up book method in Vocational School especially on Office Administration Major. The former researches along with the theories revealed that the score of the students taught by discussion-assisted pop-up book method has been increased. Thus, the discussion-assisted pop-up book method can be used in Vocational School on Office Administration Major.


Keywords: Discussion Method, Pop-up Book, Learning Outcomes, Office Administration


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.