IMPLEMENTASI  MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI ALAT DAN BAHAN KEARSIPAN KELAS X ADM DI SMKN 2 BUDURAN SIDOARJO

YULIA DWI SYAPUTRI

Abstract


Abstrak                                                                  


Model pembelajaran Make a Match, model pembelajaran ini terdiri dari kartu-kartu yang berisikan pertanyaan-pertanyaan dan kartu-kartu lain yang berisikan jawaban dari pertanyaan tersebut.Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen, menggunakan True Eksperimental Design dengan bentuk design Pretest-Posttest Control Group Design. Lokasi penelitian ini adalah di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Subjek penelitiannya adalah kelas X jurusan Administrasi Perkantoran atau X ADM. Sampel penelitian dipilih menggunakan sampel random sampling dan didapatkan kelas X ADM 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 siswa dan kelas X ADM 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 orang. Berdasarkan analisis posttest dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil nilai thitung sebesar 2,277 dengan taraf signifikansi sebesar 0,026 sedangkan diketahui bahwa nilai ttabel sebesar 1,688 dengan taraf signifikansi 0,05. Dari perhitungan hasil uji t maka dapat disimpulkan bahwa Ho diterima karena t-test< 0,05 (0,026<0,05) dan thitung> ttabel (2,277>1,688), sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match.Sedangkan hasil analisis selisih nilai pretest dan posttest diperoleh perhitungan perhitungan nilai thitung sebesar 2,764 dengan taraf signifikansi sebesar 0,007 sedangkan diketahui bahwa nilai ttabel sebesar 1,688 dengan taraf signifikansi 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima karena t-test< 0,05 (0,007<0,05) dan thitung> ttabel (2,764>1,688), sehingga sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match.Selain itu juga hasil belajar siswa mengalami kenaikan, pada kelas eksperimen mengalami kenaikan lebih besar yaitu sebesar 26,52 dibandingkan dengan kelas kontrol yang mengalami kenaikan sebesar 20,41.


Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran Make a Match, hasil belajar


 


Abstract


Learning Make a Match model, this model consists of cards containing questions and other cards that contain the answers to these questions.This research is an experimental research, using True Experimental Design with design shape pretest-posttest Control Group Design. The location of this research is in SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Subject of research is the subject of class X or X ADM Office Administration. Samples were selected using sampling random and obtained a class X ADM 2 as the experimental class numbering 38 students and class X ADM 1 as the control class that numbered 36 students. Based on the analysis post-test using t-test result  valuet of 2.277 with a significance level of 0.026, while it is known that the value of ttable of 1.688 with a significance level of 0.05. From the calculation results of the t test it can be concluded that Ho is accepted as t-test< 0.05 (0.026 <0.05) andtthitung> ttable (2.277> 1.688), so that there is a difference in student learning outcomes in the implementation of cooperative learning model Make a Match.While the results of the analysis of the difference between the pretest and posttest reckoning calculations obtained  valuet of 2.764 with a significance level of 0.007, while it is known that the value of ttableof 1.688 with a significance level of 0.05. It can be concluded that Ha Ho is rejected and accepted for the t-test<0.05 (0.007 <0.05) andtthitung> ttable (2.764> 1.688), so that there is a difference in student learning outcomes in the implementation of cooperative learning model Make a Match.There was also an increase in student learning outcomes, the experimental class experienced a greater increase in the amount of 26.52 compared with the control class has increased by 20.41.


Keywords: cooperative learning, learning model Make a Match, learning outcomes


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.