PENGEMBANGANfMEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X APK DI SMK KETINTANG SURABAYA

PIPIT INDAH SARI

Abstract


Abstrak


Penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran monopoli pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran kelas X APK 1 di SMK Ketintang Surabaya. Penelitian ini tidak hanya mengembangkan media pembelajaran monopoli saja, namun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran monopoli pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran kelas X APK 1 di SMK Ketintang Surabaya. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan 4-D yang terdiri dari beberapa tahap pengembangan yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), tahap pengembangan (develope), dan tahap penyebaran (disseminate) namun dalam penelitian ini peneliti tidak menggunakan tahap penyebaran. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan data kualitatif diperoleh dari lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi dan lembar evaluasi siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dan pembahasan penelitian, diperoleh hasil dari kelayakan media pembelajaran monopoli pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran  kelas X APK di SMK Ketintang Surabaya yang yang telah dikembangkan oleh peneliti memperoleh total hasil kelayakan validasi materi sebesar 82,14% dengan kategori sangat layak, sedangkan untuk total hasil kelayakan dari hasil validasi media sebesar 76,04% dengan kategori layak, kemudian total hasil dari lembar angket evaluasi siswa sebesar 91,48% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan dari data yang telah diperoleh maka media pembelajaran monopoli pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran kelas X APK di SMK Ketintang Surabaya dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran.


Kata Kunci: Pengembangan Media, Media Pembelajaran, Media Monopoli


 


Abstract


The research that has been conducted by researcher aimed to develop the learning media of monopoly for office administration introduction for X APK 1 in Vocational High School Ketintang Surabaya. This research was not only developing monopoly, but also to know monopoly learning media feasibilityon office administration introduction for X APK 1 in Vocational High School Ketintang Surabaya. The model development used in this research was the 4-D thatconsisted of several development stages, they were define, design, development and dissemination, but in this research the researcher did not use the deployment stage. In this research the method used was quantitativeand qualitative research methods. Quantitative data were obtained from observation, interviewand documentation while qualitative data were obtained from validation sheet of media experts, material expert validation sheet and student evaluation sheet. From the results of the research and discussion, the feasibility of monopoly learning media in office administration introduction for X APK in Vocational High School Ketintang Surabaya which has been developed by researchers obtained the material total validation of 82.14% with very feasible category, for total resultof media validation was 76.04% with suitable category, and the total result from student evaluation questionnaire was 91.48% with very good category. Based on those data, the monopoly learning media in office administration introduction for X APK inVocational High School Ketintang Surabaya is said as suitable for learning media.


Keywords: Media Development, Learning Media, Monopoly Media


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.