PENGEMBANGANfMEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA SISWA KELAS X DI SMK KETINTANG SURABAYA

TARAZAGITA ARINDA RACHMAN

Abstract


Abstrak


Penelitian yang dilakukan oleh peneliti bertujuan untuk (1) Mengetahui Pengembangan media pembelajaran Crossword Puzzle Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran pada siswa kelas X di SMK Ketintang Surabaya (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Crossword Puzzle Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran pada siswa kelas X di SMK Ketintang Surabaya dan (3) Mengetahui Evaluasi Siswa Terhadap media pembelajaran Crossword Puzzle Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran pada siswa kelas X di SMK Ketintang Surabaya. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan 4-D yang terdiri dari beberapa tahap pengembangan yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), tahap pengembangan (develope), dan tahap penyebaran (disseminate) namun dalam penelitian ini peneliti tidak menggunakan tahap penyebaran (disseminate). Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket.  Data kualitatif diperoleh dari observasi dan studi pendahuluan peneliti dengan Guru Pengantar Administrasi Perkantoran. Data kuantitatif diperoleh dari lembar validasi ahli materi, ahli media, serta lembar evaluasi siswa. Hasil penelitian memperoleh hasil dari ahli materi sebesar 90,82% dengan kategori sangat layak, ahli media memperoleh hasil sebesar 87,50% dengan kategori sangat layak, dan hasil evaluasi siswa pada uji coba terbatas memperoleh persentase sebesar 90,34% dengan kategori sangat baik. Sehingga media pembelajaran Crossword Puzzle mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran pada siswa kelas X di SMK Ketintang Surabaya sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.


Kata Kunci: Pengembangan Media, Media Pembelajaran, Crossword Puzzle


 


Abstract


Research conducted by researchersThe aims of this study are (1) Determine the Media Development instructional media Crossword Puzzle subjects Introduction to Administration in class X in SMK Ketintang Surabaya (2) Determine the feasibility study media Crossword Puzzle subjects Introduction to Administration in class X in SMK Ketintang Surabaya and (3) Evaluation of students Against Knowing instructional media Crossword Puzzle Introduction Administrative subjects in class X in SMK Ketintang Surabaya. The model development used in this research was the 4-D thatconsisted of several development stages, they were define, design, development, and dissemination but in this research the researcher did not use the deployment stage. The research method using descriptive quantitative and qualitative. The technique of collecting data using questionnaires. The qualitative data obtained from observations and preliminary studies researcher with the teacher of introduction of Office Administration. The quantitative data obtained from the validation sheet materials experts, media experts, as well as student evaluation sheet. Results of research gain from subject matter experts by 90.82% at very decent category, media experts obtain a yield of 87.50% with very decent category and the evaluation results of students on a limited test earn a percentage of 90.34% with a very good, So the learning media Crossword Puzzle Introduction Administrative subjects in class X in SMK Ketintang Surabaya is fit for use as a medium of learning.


Keywords: Media Development, Media Learning, Crossword Puzzle


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.