PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KWARTET PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN SISTEM KEARSIPAN SISWA KELAS X APK 1 DI SMK ADHIKAWACANA SURABAYA

RIAS SEPTY DWI MIRATUL KHASANAH

Abstract


Abstrak


Penyampaian materi pada kompetensi dasar menjelaskan sistem kearsipan belum mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran di kelas kurang interaktif. Penggunaan media pembelajaran dirasa sangat diperlukan untuk meningkatkan keaktifan dan ketertarikan siswa. Permainan kartu kwartet sudah dikenal oleh anak-anak sebagai permainan tradisional yang mudah dipahami dan menarik saat dimainkan. Hal itu menjadikan kartu kwartet, sangat cocok sebagai variasi media pembelajaran dalam proses pembelajaran sehingga siswa lebih tertarik  dan termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian Research and development (R&D) dan menggunakan model pengembangan perangkat 4-D yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop) dikarenakan keterbatasan waktu, tenaga dan biaya. Hasil dari penelitian ini diperoleh hasil rata-rata untuk validasi materi sebesar 94% dengan kriteria sangat layak dan hasil rata-rata validasi media sebesar 95% dengan kategori sangat layak. Dari hasil rata-rata validasi materi dan validasi media diperoleh persentase rata-ratanya yaitu sebesar 94,5% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan uji coba pada siswa dapat dikategorikan sangat baik dengan hasil rata-rata sebesar 99,76%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran kartu kwartet yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada kompetensi dasar menjelaskan sistem kearsipan.


Kata kunci: pengembangan media pembelajaran, kartu kwartet, sistem kearsipan


 


Abstract


Delivery of material on basic competency describes the archival system has not yet reached the goal of learning is expected. This is because the learning process in the classroom less interactive. Learning media use is considered indispensable to enhance the liveliness and the interest of students. Quartet card games are already known to the kids as a traditional game that is easy to understand and interesting when played. It makes quartet cards, very suitable as a variation of the learning media in the process of learning so that students are more interested and motivated to follow the learning process in the classroom. This research is Research and development (R & D) and using the development model  4-D i.e. the definition (define), design (design), development (develop) and the spread (disseminate). But this study only up to at this stage of development (develop) due to limitations of time, effort and cost. The results of this research obtained average results for validation of matter amounting to 94% with very decent criteria and the results averaged 95% of media validation by category is very decent. The average results of validation the validation material and media obtained the average percentage that is 94.5% with a category of very decent. Based on tests on students can be categorized with very good results on average amounted to 99.76%. This shows that the media learning quartet cards developed very decent used as media of instruction on basic competency describes the archival system.


Keywords: learning media development, quartet cards, archival system


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.