PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUIZ TEAM PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X APK DI SMK YPM 3 TAMAN SEPANJANG

NENI NUR FITRI

Abstract


Abstrak


Penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz Team pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APK di SMK YPM 3 Taman Sepanjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen, penelitian ini dilakukan di SMK YPM 3 Taman Sepanjang. Sampel penelitian diambil dengan teknik sampling purposive yang diperoleh hasil dari kelas X APK 3 sebagai kelas eksperimen dan X APK 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan metode Quiz Team lebih signifikan daripada kelas kontrol. Berdasarkan analisis data uji t diperoleh hasil bahwa thitung sebesar 4,368 dengan taraf signifikansi sebesar 0,00. Sedangkan ttabel diketahui (0,05;98) = 1,984. Hasil ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,368 > 1,984). Kemudian pada hasil analisis selisih nilai pretest dan posttest diperoleh nilai pretest dan posttest diperoleh nilai thitung sebesar 3,920 dengan taraf signifkansi 0,00. Sedangkan diketahui nilai ttabel sebesar 1,984 dengan taraf signifikansi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena t-test < 0,05 (0,00<0,05) dan thitung > ttabel (3,920 > 1,984). Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Dimana hasil belajar siswa peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan metode Quiz Team  lebih tinggi daripada hasil belajar siswa peserta didik dari kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan menggunakan metode Quiz Team.


Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Metode Quiz Team, Hasil Belajar


 


Abstract


The research entitled the implementation of cooperative learning model with quiz team type on introduction to administrative office subject for improving learning outcomes of grade x apk students at smk ypm 3 taman sepanjang. This study aimed to determine the differences in student learning outcomes between the experiment and control class. The method used in this study was quasi-experimental, this research was conducted at SMK YPM 3 Taman Sepanjang. The samples of this study were taken by purposive sampling techniques. It was obtained class X APK 3 as an experiment class and class X APK 1 as a control class. The research instrument used was a multiple-choice test of 20 questions that had been tested for validity and reliability. The results showed that the experiment class students’ learning outcomes that were given treatment of Quiz Team method is better than the control class. Based on data analysis t test showed that the tcount equal to 4.368 with a significance level of 0.00. While the ttable is known(0.05; 98) = 1.984. These results indicate that tcount > ttable (4.368> 1.984). Then on the results of analysis of the difference between the pretest and posttest score, it was obtained obtained  tcount value of 3.920 with a degree of significance 0.00. While the known value of ttable of 1.984 with a significance level of 0.05. It can be concluded that Ho rejected and Ha accepted because t-test <0.05 (0.00 <0.05) andt> ttable (3.920> 1.984). Thus, it can be concluded that there is a difference in student learning outcomes before and after treatment. Where the student learning outcomes in experiment class using the Quiz Team  method is higher than student learning outcomes of the control class untreated with the Quiz Team method.


Keywords: Cooperative Learning Model, Quiz Team Method, Learning Outcomes


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.