PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DART CHALLENGE PADA KOMPETENSI DASAR MELAKUKAN PROSEDUR PENGADAAN PERALATAN KANTOR KELAS X APK 1 DI SMK TARUNA JAYA GRESIK

M. JAMAL ISKANDAR SYAH

Abstract


Abstrak


Media pembelajaran adalah alat bantu untuk menyampaikan pesan kepada penerima pesan dalam proses pembelajaran. Dalam mewujudkan tujuan tersebut, tidaklah mungkin terwujud tanpa adanya media.Media merupakan segala bentuk alat fisik yang dapat menyampaikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar. Media pembelajaran yang dirancang secara baik dapat mendukung proses belajar siswa dalam pembelajaran. Maka dari itu peran dari media pembelajaran sangat dibutuhan untuk pendidik, sehingga pendidik lebih mudah menjelaskan dan peserta didik tidak hanya berimajinasi melainkan mengerti betul dengan apa yang dijelaskan oleh pendidik dalam proses pembelajaran. Variasi media pembelajaran yang dipilih peneliti adalah media pembelajaran bebasis Dart Challenge, karena permainan Dart ini sudah banyak diketahui oleh berbagai kalangan dan cukup mudah untuk dimainkannya. Media pembelajaran berbasis permainan Dart Challenge sudah dirancang pada Kompetensi Dasar Melakukan Prosedur Penggandaan Peralatan Kantor mata pelajaran Peralatan Kantor, memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks disamping menumbuhkan tanggung jawab, kejujuran, kerjasama, persaingan dan diharapkan semangat belajar mata pelajaran Peralatan Kantor.Media ini menggunakan model pengembangan Four-D Model (4D) yang meliputi: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Pengembangan media ini hanya sampai pada tahap Develop (Pengembangan), tahap Disseminate (Penyebaran) tidak dilakukan karena keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya.Berdasarkan analisis kelayakan media pembelajaran dart challenge oleh validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 84,5% dengan kategori sangat layak, ahli validasi materi memperoleh persentase sebesar 85,5% dengan kategori sangat layak, dan hasil evaluasi siswa memperoleh persentase sebesar 92,9% dengan kriteria sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis dart challenge pada kompetensi dasar melakukan prosedur pengadaan peralatan kantor yang dikembangkan sangat layak untuk dijadikan media pembelajaran di kelas X APK 1 SMK Taruna Jaya Gresik.


Kata kunci: Media pembelajaran, Dart Challenge, Melakukan Prosedur Pengadaan Peralatan Kantor


 


Abstract


Learning Media is a tool to convey the message to the message recipients in the learning process. In realizing these goals, it is not likely to materialize in the absence of the media. Media is any form of physical tools that can convey the message as well as stimulate students to learn. Learning media designed both to support the learning process of students in learning. Thus the role of the media become very learning for educators, so educators are easier to explain and learners not only their imagination but understand very well with what is described by educators in the learning process. Variation of selected researchers learning media is media of learning bebasis Dart Challenge, because the game of darts is already well known by various circles and pretty easy to range. Game-based learning media Dart Challenge already designed in the Basic Competence of the cloning Procedure Do office equipment Office Equipment, subjects allow students can learn more relaxed beside foster responsibility, honesty, cooperation, competition and is expected to study the subjects of office equipment.This media using the development Four-D Model (4D) includes: Define, Design, Develop, and Disseminate. The development of this medium just until the Develop phase, stage Disseminate was not done because of lack of time, effort, and cost.Based on the analysis of the feasibility of the learning media dart challenge by media expert validation earn a percentage of 84.5% with a very worthy category, the validation material experts acquire a percentage of 85.5% with a very worthy category, and the results of the evaluation of the students earn a percentage of 92.9% of the criteria is very decent. So it can be inferred that a media-based learning dart challenge on competency basis perform the procedure of procurement of office equipment that was developed to be a very decent media learning in class X APK 1 SMK Taruna Jaya Gresik.


Keywords: Learning Media, Dart Challenge, perform the procedure of procurement of office equipment


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.