PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL INTERAKTIF BERBANTUAN ADOBE FLASH PROFFESIONAL CS6 PADA KOMPETENSI DASAR PRINSIP-PRINSIP PENGELOLAAN ARSIP DAN PENGGUNAAN PERALATAN KEARSIPAN SISWA KELAS X-APK 4 DI SMK NEGERI MOJOAGUNG

MEGA TRI ADELA

Abstract


Abstrak


Penelitian pengembangan buku digital interaktif ini telah dilakukan pada kompetensi dasar prinsip-prinsip pengelolaan arsip dan penggunaan peralatan kearsipan sebagai sarana belajar siswa kelas X-APK 4 di SMK Negeri Mojoagung. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan buku digital interaktif yang ditinjau berdasarkan validitas ahli materi, validitas ahli media dan evaluasi pembelajaran siswa. penelitian ini menggunakan model 4-D. Tahap pengembangan dilakukan dengan cara validasi buku digital interaktif oleh 2 dosen ahli dan 1 guru SMK Negeri Mojoagung kemudian diuji cobakan secara terbatas. Subjek penelitian adalah 20 siswa SMK Negeri Mojoagung kelas X-APK 4. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen validasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku digital interaktif  pada kompetensi dasar prinsip-prinsip pengelolaan arsip dan penggunaan peralatan kearsipan kelas X-APK 4 di SMK Negeri Mojoagung sangat layak digunakan sebagai sarana bahan ajar interaktif, dengan ditunjukkan persentase kelayakan dari bagian kelayakan ahli materi sebesar 86,69% dan 93,85% pada bagian ahli media. Buku digital interaktif sangat praktis digunakan karena siswa dapat mengoperasikannya dengan sangat lancar dan tidak terdapat kendala. Sedangkan 94,44% dari evaluasi siswa menyatakan bahwa buku digital interaktif yang dikembangnkan sangat layak untuk dijadikan bahan ajar interaktif siswa.


Kata kunci : Buku Digital Interaktif, Bahan Ajar , 4-D


 


Abstract 


This study is conducted on basic competence of the principles of archival management and the use of archival instrument as learning media for class X-APK 4 in SMK Negeri Mojoagung. This study aimed to examine the suitability of interactive digital book which based on the validation of material experts, validation of media experts and students learning evaluation. this study used 4-D model of development. The development stage is done by validation of interaktive digital book by 2 expert lecturers and 1 teacher of SMK Negeri Mojoagung then tasted in limited. The subjects of this study are 20 students of SMK Negeri Mojoagung class X-APK 4. The instruments of this study are validation paper and questionnaires. The results shown that the interactive digital book on basiccompetence of the principles of archival management and the use of archival instrument as learning material, with the percentage of suitability from the material experts part is 86.69% and 93.85% on the part ofmedia experts. Interactive digital book is very pratical to be used because the students could operate it very smoothly without any obstacles. Meanwhile, the 94.44% of the students evaluation stated that the interactive digital book very suitable to be use as learning media.


Keywords: Interactive Digital Book, Learning Material, 4-D


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.