PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK DAN KARTU MISTERIUS (KOKAMI) PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN CARA MEMBUAT SURAT NIAGA SISWA KELAS X APK 1 DI SMKN 1 BANGKALAN

MUHAMAD IRFAN W

Abstract


Abstrak


Media pembelajaran merupakan alat bantu dalam melaksanakan proses belajar mengajar dan bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran disekolah pada khususnya. Salah Satu media pembelajaran yang bisa diterapkan untuk proses belajar mengajar adalah media pembelajaran permainan yaitu kotak dan kartu misterius (kokami). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengembangan media Kokami pada kompetensi dasar menjelaskan cara membuat surat niaga siswa kelas X APK 1 di SMKN 1 Bangkalan; (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Kokami pada kompetensi dasar menjelaskan cara membuat surat niaga siswa kelas X APK 1 di SMKN 1 Bangkalan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap penyebaran. Penelitian ini menggunakan lembar validasi berupa angket validasi ahli materi, ahli media dan angket respon siswa. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil rata-rata nilai 93,27% untuk ahli materi dengan kriteria sangat layak, rata-rata nilai 75% untuk ahli media dengan kriteria layak. Sedangkan rata-rata nilai respon siswa 90,36% dengan kategori sangat layak yang diambil dari uji coba terbatas pada 20 siswa di SMKN 1 Bangkalan dan siswanya menyukai pembelajaran menggunakan media pembelajaran permainan kotak dan kartu misterius (kokami).


Kata kunci : Media Pembelajaran, Kotak Dan Kartu Misterius (Kokami), Model Pengembangan 4-D


 


Abstract


Learning media is instrument to execute teaching learning process and inseparable part of teaching and learning process for the achievement of educational goals in general and learning objectives in schools in particular. One of learning media which can be applied in teaching and learning process is box and mysterious card (kokami). The purposes of the research are (1) To know the developing of kokami media on basic competence in explaining the way of making trade letter students of ten grade Office Administration 1 in SMKN 1 Bangkalan. (2) To know the feasibility of kokami media on basic competence in explaining the way of making trade letter students of ten grade Office Administration 1 in SMKN 1 Bangkalan.Developing model used in this research is 4-D learning model consisting of four steps, they are: Defining step, Planning Step, Developing Step And Deployment Step. This research used validation sheet in form of expert validation questionnaire, media expert, Student questioner responses. From the research which has done the average result score is 93,27%   for material expert in very feasible criteria. Average score 75 % for media expert is in feasible criteria. While the average student response rate of 90.36% with a very decent category taken from a trial is limited to 20 students at SMKN 1 Bangkalan and the students love learning using the instructional media game box and mysterious card (kokami).


Keywords: Learning Media, Box and Mysterious card (Kokami), 4-D Developing model


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.