PENGEMBANGANfMEDIA PEMBELAJARAN BINGO GAME PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X DI SMK NEGERI 1 BANGKALAN

OCTAVIA CHOIRUN N

Abstract


Abstrak


Penelitian yang dilakukan oleh peneliti bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran bingo game pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran kelas X APK di SMK Negeri 1 Bangkalan, sesuai dengan pendekatan saintifik Kurikulum 2013. Penelitian ini tidak hanya mengembangkan media pembelajaran bingo game saja, namun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran bingo game pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran kelas X APK di SMK Negeri 1 Bangkalan. Peneliti ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari beberapa tahap pengembangan yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), tahap pengembangan (develope), dan tahap penyebaran (disseminate) namun dalam penelitian ini peneliti tidak menggunakan tahap penyebaran. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan data kualitatif diperoleh dari lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi dan lembar evaluasi siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dan pembahasan penelitian, diperoleh hasil dari kelayakan media pembelajaran bingo game pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran  kelas X APK di SMK Negeri 1 Bangkalan yang telah dikembangkan oleh peneliti memperoleh total hasil kelayakan validasi materi sebesar 98,21% dengan kategori sangat layak, sedangkan untuk total hasil kelayakan dari hasil validasi media sebesar 93,75% dengan kategori sangat layak, kemudian total hasil dari lembar angket evaluasi siswa sebesar 95,08% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran bingo game pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran kelas X APK di SMK Negeri 1 Bangkalan telah sesuai dengan pendekatan saintifik Kurikulum 2013. Berdasarkan dari data yang telah diperoleh maka media pembelajaran bingo game pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran kelas X APK di SMK Negeri 1 Bangkalan dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran.


Kata Kunci: Pengembangan Media, Media Pembelajaran, Media Bingo Game


 


Abstract


This research aims to know the learning media development of bingo game on Office Administration Introduction subject for X APK class in SMK Negeri 1 Bangkalan in accordance with the scientific approach of Curriculum 2013. This research does not only develop the learning media by using bingo game, but also to know the difference between the media before it is developed on Administration Introduction subject for X APK class in SMK Negeri 1 Bangkalan. The researcher uses 4D learning development model which consists of several development stages, they are: definition, design, development, and dissemination; but, in this research dissemination is not used. In this research, the methods used are quantitative and qualitative research methods. Quantitative data were obtained from observation, interview and documentation and qualitative data were obtained from the media expert validation sheet, material expert validation sheet and student evaluation sheets. From the results of the research conducted by the researcher and the research discussions, the feasibility of bingo game as a learning media on Office Administration Introduction subject for X APK class in SMK Negeri 1 Bangkalan which has been developed by the researcher obtained the total validation result of material validation 98.21% with very feasible category, and 93.75% for the total result of media validation with very feasible category, then the total result of student questionnaire evaluation is 95.08% with very feasible category. So it can be concluded that the development of learning media bingo games on subjects Introduction Administration Office class X APK in SMK Negeri 1 Bangkalan has been in accordance with the scientific approach Curriculum 2013. Based on the data obtained, bingo as a learning media on Office Administration Introduction subject for X APK class in SMK Negeri 1 Bangkalan is said as feasible to be used.


Keywords: Media Development, Learning Media, Bingo Game Media


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.