PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X APK PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI DI SMK PGRI 13 SURABAYA

AULIA RAHTANIA

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X APK Pada Mata Pelajaran Korespondensi Di SMK PGRI 13 Surabaya.”Penelitian ini merupakan  penelitian ekperimen jenis (quasi eksperimental design). Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X APK 2 sebagai kelas eksperimen dan APK 3 sebagai kelas kontrol.Berdasarkan hasil analisis posttest dan pretest seperti pada tabel 5.0, diperoleh hasil nilai  sebesar 5,166 dengan taraf signifikansi sebesar 0,00. Sedangkan diketahui nilai sebesar 1,99 dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Kemudian hasil perhitungan uji-t  dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena t-test < 0,05 (0,00<0,05) dan > (5,166>1,99).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Explicit Intruction pada mata pelajaran korespondensi kelas X APK di SMK PGRI 13 Surabaya tahun ajaran”2016/2017 diterima.


Kata Kunci: Explicit Intruction, Model Pembelajaran, Hasil Belajar


 


Abstract


This study aimed to determinate the Application of Explicit Instruction Learning Model to Student learning Results of Class X APK on Correspondence Subject at SMK PGRI 13 Surabaya.This study is an experimental research type (quasi experimental design).”The population in the study were  students of class X APK 2 as the experiments class and X APK 3 as the controls class. Based on the findings of post-test and pre-test analysis as in table 5.0, obtained the value of 5.166 with a significance level of 0.00, while the value of 1.99 with a significance level of 0.05. Then the result of t-test can be concluded that Ho is rejected and Ha accepted because t-test <0,05 (0,00 <0,05) and> (5,166> 1,99).It can be concluded that there are differences in student learning outcomes using the Explicit Intruction learning model”on the correspondence subjects class X APK in SMK PGRI 13 Surabaya academic year 2016/2017.


Keywords: Explicit Instruction, Learning Model, Learning Outcomes


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.