IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENGERTIAN DOKUMEN DAN DOKUMENTASI SISWA KELAS X APK DI SMKN 10 SURABAYA

FENI YULIDA

Abstract


Abstrak 


Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis; 1) Implementasi model pembelajaran kooperatif metode two stay two stray terhadap hasil belajar materi pengertian dokumen dan dokumentasi siswa kelas X APK di SMKN 10 Surabaya; 2) Pengaruh model pembelajaran kooperatif metode two stay two stray terhadap hasil belajar materi pengertian dokumen dan dokumentasi siswa kelas X APK di SMKN 10 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah True Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X APK di SMKN 10 Surabaya pada tahun ajaran 2017-2018 dengan jumlah 96 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan cara random sampling (sampel acak) dengan menggunakan cara kocokan dadu dan didapat 2 kelas yakni kelas X APK 1 dan kelas X APK 2. Dari hasil analisis selisih pre-test dan post-test diperoleh nilai thitung sebesar 3,034 dengan taraf signifikasi 0,04 sedangkan nilai dari ttabel dengan N=32 adalah 1,998 dengan taraf signifikasi 0,05, maka t-test 0,04 < 0,05 dan t hitung (3,034) > t tabel (1,998), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif metode two stay two stray. Hasil tersebut berupa, siswa lebih aktif dalam pemelajaran, siswa lebih bertanggungjawab dengan tugas masing-masing, siswa lebih berani untuk mengugkapkan pendapatnya dan siswa juga melatih kemampuan berkomunikasi ketika diskusi. siswa lebih aktif dalam pembelajar. Hasil belajar siswa dalam penelitian ini menunjukkan siswa yang tuntas dengan rata-rata hasil belajar meningkat, dari rata-rata awal 60,94 menajdi 90,47. Berdasarkan hasil analisis dari uji t diperoleh hasil nilai dari thitung sebesar 3,174 dengan taraf signifikasi 0,02 kemudian dari hasil tersebut dikonsultasikan dengan ttabeldengantarafsignifikan5%dandf=62,diperolehttabel =1,998. Dari hasil perhitungan tersebut menunjukkanbahwathitung>ttabel (3,174>1,998) sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif metode two stay two stray berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.


Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Two Stay Two Sray, Hasil Belajar


 


Abstrack


This research aims to analyze; 1) the implementation of cooperative learning model two stay two stray method of learning materials document understanding and documentation the students of class X APK in SMKN 10 Surabaya; 2) the influence of cooperative learning model two stay two stray method of learning materials document understanding and documentation the students of class X APK in SMKN 10 Surabaya. The type of this research is True Experimental Design. The population of this research is all the students of class X APK in SMKN 10 Surabaya on 2017-2018 school year with the amount of 96 students. This research samples taken with how to random sampling (random sample) using the way of shuffle dice and get 2 classes, grade X APK 1 and class X APK 2. Based on the analysis of the difference in the pre-test and post-test obtained the value of 3,034 t count with equal any 0.04 while the value of t table with N=32 is 1,998 with equal any 0.05, t-test 0.04 < 0.05 and t count (3,034) > t table (1,998), so Ha accepted and Ho rejected which means that there is the influence of the results of students who follow the teaching using the model of teaching two stay two stray. From the results, it can be concluded that there is an effect on the results of student learning using the model of cooperative learning methods of two stay two stray. The results of the students more active in teaching the students more responsible with their respective duties, students more confident to express their opinions and students also train the ability to communicate when discussions. The students more active in learning. The results of student learning in this research shows students that completed with an average of the results of learning increased from an average of early 60,94 became 90,47. Based on the results of the analysis of the t test results obtained the value of t count of 3,174 with equal any 0.02 and then from the result was consulted with t table with equal significant 5 % and df=62, obtained t table=1,998. From the results of the calculations show that the t count >t table(3,174>1,998) so that it can be concluded that the model of cooperative learning methods of two stay two stray influence on the results of student learning.


Keywords: CooperativeLearning Model,Two Stay Two Stray, Result of Student Learning


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.