PENGARUH SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP PEMBENTUKAN KETERAMPILAN KERJA SISWA KELAS XI PROGRAM KEALHIAN PEMASARAN SMK NEGERI 1 CEPU

ZAKIKI SULISTIORINI

Abstract


Sarana dan prasarana merupakan alat penunjang proses belajar mengajar khususnya pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang terdiri dari perpustakaan, laboratorium, bahan ajar, dan bisnis center. Pembekalan keterampilan kerja di SMK diharapkan mampu menjadikan siswa sebagai tenaga yang terampil, bersifat profesional dan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sarana dan prasarana terhadap pembentukan keterampilan kerja siswa kelas XI program keahlian pemasaran SMK Negeri 1 Cepu.


Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 62 siswa kelas XI PM 1 dan XI PM 2 yang secara keseluruhan diambil sebagai sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan  bantuan SPSS versi 16.0. Dari hasil uji asumsi klasik diketahui memenuhi syarat data terdistribusi secara normal, uji multikolinieritas tidak ditemukan adanya kolerasi antar variabel bebas, uji heterokedastisitas terjadi ketidaksamaan varian dari residual model regresi, uji linieritas hubungan variabel bebas dan terikat terjadi linieritas.


Simpulan penelitian ini bahwa secara parsial perpustakaan dan bahan ajar tidak berpengaruh, sedang laboratorium, dan bisnis center secara parsial berpengaruh terhadap pembentukan keterampilan kerja siwa kelas XI program keahlian pemasaran SMK Negeri 1 Cepu.


Kata kunci : Sarana, Prasarana, keterampilam siswa


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.