PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA, KELOMPOK REFERENSI, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SMK PGRI 13 SURABAYA

IVANA MEGASARI

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa, kelompok referensi, dan efikasi diri terhadap keputusan siswa memilih SMK PGRI 13 Surabaya. Berdasarkan hasil observasi, SMK PGRI 13 Surabaya telah menerapkan bauran pemasaran jasa untuk menarik calon siswa.


Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, menggunakan proportional random sampling dan diambil 155 responden dari 247 siswa kelas X SMK PGRI 13 Surabaya. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan jumlah soal 47 item dengan 4 skala Likert. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial bauran pemasaran jasa (X1) berpengaruh sebesar 18,281, kelompok referensi (X2) sebesar 6,289, dan efikasi diri (X3) sebesar 9,933 terhadap keputusan siswa memilih SMK PGRI 13 Surabaya. Sedangkan secara simultan sebesar 134,000 dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,722 yang berarti bahwa bauran pemasaran jasa, kelompok referensi, dan efikasi diri terhadap keputusan siswa memilih SMK PGRI 13 Surabaya berpengaruh sebesar 72,2% dan sisanya sebesar 27,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Kata kunci: Bauran pemasaran jasa, Kelompok referensi, Efikasi diri, Keputusan siswa


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.