ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN ORANG TUA MEMILIH LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PRIMAGAMA DI SURABAYA

KARINA RAKHMADIA

Abstract


Adanya standar nilai kelulusan melalui ujian nasional yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan setiap tahunnya mengalami kenaikan standar tentunya dirasa berat bagi para siswa. Adanya kondisi tersebut menjadi alasan berdirinya banyak Lembaga Bimbingan Belajar (LBB), salah satunya adalah LBB Primagama Surabaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan faktor sosial, psikologis, demografi dan bauran pemasaran jasa yang mempengaruhi perilaku konsumen (orang tua) dalam mengambil keputusan memilih LBB Primagama Surabaya.


Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif bersifat confirmatoring. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling, dengan sampel sebanyak 258 responden dari populasi sebanyak 730 responden. Penelitian ini menggunakan analisis faktor dengan KMO.


Hasil penelitian ini adalah dua kelompok faktor yang mempengaruhi orang tua dalam pengambilan keputusan memilih LBB Primagama Surabaya yaitu: faktor harga dan faktor citra lembaga. Faktor yang mempunyai hubungan paling kuat yang mempengaruhi keputusan orang tua memilih LBB Primagama yaitu faktor harga.


 Kata Kunci: Analisis Faktor, Pengambilan Keputusan, Harga, Citra Lembaga


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.