PENGARUH KUALITAS THINNER PADA CAMPURAN CAT TERHADAP HASIL PENGECATAN

FACHRUDIN INDRA PERMANA

Abstract


Abstrak


Thinner adalah larutan yang memiliki komposisi  dari beberapa tipe solvent dan merupakan bahan campuran yang digunakan dalam proses pengecatan yang akan mempengaruhi kekentalan, kekilapan, dan pengeringan cat. Diketahui bahwa fenomena tentang aplikasi thinner dimana tidak maksimalnya suatu proses penguapan reaksi thinner serta pembentukan lapisan cat yang terjadi sesudahnya disebabkan oleh jenis thinner yang tidak tepat. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian tentang aplikasi beberapa kualitas thinner pada suatu campuran cat yang ideal agar diketahui pengaruh-pengaruh yang terjadi di dalamnya. Yang pengecatannya menggunakan trainer untuk memastikan variabel-variabelnya tidak berubah kemudian diuji pada dua tingkat kualitas cat, yakni cat berkualitas sedang (medium quality) dan cat berkualitas rendah (low quality).


Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Obyek penelitian adalah tiga merek thinner yang memiliki karakteristik dan tingkat kualitas yang berbeda, yaitu A special, cemerlang dan autoglow yang divariasikan dengan perbandingan 1:0,8, 1:1, 1:1,2, 1:1,4 dan 1:1,5 yang di aplikasikan dengan dua cat beda kualitas yakni nippe 2000 dan danagloss. Analisis data menggunakan metode deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan  adalah tess cromatografi dan gloss meter.


Dari penelitian eksperimen ini didapatkan hasil terbaik dengan perbandingan 1:1,4 pada cat nippe 2000 dicampur dengan thinner A special di dapatkan angka GU 89,1 sebagai sampel terbaik, dan pada perbandingan 1:1,5 dengan sampel danagloss dicampur dengan thinner cemerlang didapatkan angka GU 87 sebagai hasil terbaik. Dan peneliti menemukan bahwa campuran yang terlalu encer memang memiliki kekilapan yang bagus tetapi cat akan meleleh karena cat yang di semprotkan tidak dapat menempel ke permukaan plat, dan kualitas dari sample thinner terbaik yaitu auto glow mengalami kehilangan kekilapan setelah mengering.


Kata kunci : glossmeter, thinner, rasio campuran


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.