KARAKTERISTIK ALIRAN PADA KENDARAAN MENYERUPAI MPV DENGAN PENAMBAHAN REAR SPOILER

MOCH. AZIZ KURNIAWAN

Abstract


Abstrak


Aerodinamika merupakan cabang ilmu mekanika fluida yang mempelajari tentang aliran udara yang bergerak di dalam dan di sekitar objek. Pada penerapan yang dilakukan secara langsung, ilmu aerodinamika banyak digunakan untuk menganalisa suatu aliran udara yang melewati bodi kendaraan, sehingga akan didapatkan desain bodi yang aerodinamis dari sebuah produk kendaraan. Dengan banyaknya model kendaraan jenis MPV yang digunakan masyarakat serta masih sedikitnya pemahaman fungsi penggunaan aksesoris pada kendaraan tersebut yang mendasari adanya penelitian tentang karakteristik aliran pada kendaraan MPV dengan tujuan untuk mengetahui distribusi tekanan, profil kecepatan, koefisien gaya hambat dan koefisien gaya angkat yang terjadi pada kendaraan jenis tersebut dengan variasi pemasangan rear spoiler. Penelitian ini dilakukan di dalam sebuah Open Circuit wind tunnel Subsonic dengan dimensi test section (365 x 365 x 1250) mm. Karakteristik aliran diamati secara eksperimental yang melewati permukaan model menyerupai MPV Toyota Avanza generasi pertama dengan perbandingan 1:20 dengan variasi pemasangan rear spoiler standard, rear spoiler variasi panjang, dan rear spoiler variasi miring. Pengukuran profil kecepatan aliran di belakang model uji kendaraan dilakukan pada rasio X/L 0,32; 0,44; 0,56 dari leading edge. Karakteristik aliran yang diamati adalah distribusi tekanan (Cp) pada centre line permukaan atas dan bawah model uji kendaraan dan profil kecepatan di belakang model uji kendaraan serta melalui perhitungan Cp akan diketahui besaran koefisien drag pressure (CDP) dan koefisien lift pressure (CLP). Hasil pengambilan data menunjukkan bahwa pemasangan semua variasi rear spoiler cenderung meningkatkan nilai distribusi tekanan (Cp) kontur mendatar bagian belakang centre line upper surface model uji dan meningkatkan defisit momentum aliran yang mengakibatkan pengaruh aliran di belakang kendaraan (Vp) semakin besar. Selain itu pemasangan semua variasi rear spoiler cenderung sedikit menurunkan nilai koefisien lift  pressure (CLP) dan meningkatkan nilai koefisien drag pressure (CDP). Pengaruh yang paling besar terjadi dengan pemasangan variasi rear spoiler panjang pada Re=1,96x105 dapat menurunkan nilai koefisien lift  pressure (CLP) sebesar 0,0107 dan dapat meningkatkan koefisien drag  pressure (CDP) sebesar 0,0189 sehingga dapat dikatakan bahwa pemasangan variasi rear spoiler relatif tidak berpengaruh dalam upaya untuk mengurangi koefisien lift pressure (CLP)  karena nilai yang berubah relatif sangat kecil, yaitu 0,0107.


Kata Kunci: Karakteristik Aliran, MPV, Rear Spoiler.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.