PENENTUAN JUMLAH PITSTOP OPTIMAL UNTUK MENGATASI ANTRIAN SERVICE KENDARAAN DI BENGKEL HONDA KETINTANG MOTOR AHASS 8642

ELFRAN RIZKY PRAPDITYA

Abstract


 Abstrak


Dewasa ini persaingan bisnis bengkel sepeda motor semakin ketat,baik yang kecil maupun yang besar. Dalam hal ini bengkel-bengkel tersebut bersaing dalam hal harga dan kualitas pelayanan.Hal ini disebabkan jumlah sepeda motor dari tahun ke tahun terus bertambah. Bengkel Honda Ketintang motor ahass 8642  memiliki pelanggan yang banyak sedangkan pit yang tersedia pada bengkel ini masih berjumlah empat buah sehingga menimbulkan antrian. Bengkel ini memiliki luas ruangan tempat service sebesar 52 m2. Dengan melihat luas ruangan tempat service tersebut maka masih sangat bisa memungkinkan untuk melakukan penambahan pit yang memiliki ukuran 0,6 m x 1,9 m.Di dalam penelitian ini mengetahui Jumlah pit yang optimal untuk mengatasi antrian yang ada pada bengkel Honda Ketintang motor ahass 8642. Penelitian ini dilakukan di bengkel Service Honda Ketintang motor ahass 8642. Untuk mengetahui hasil penelitian terhadap waktu pengerjaan service pada bengkel resmi honda.Untuk menentukan berapa jumlah pit yang optimal.Dari hasil observasi dilapangan diperoleh data rata-rata tingkat kedatangan pelanggan adalah 0,59 Pelanggan/jam dan rata-rata pelayanan pelanggan/  jamnya adalah 0,89. Kemudian nilai-nilai tersebut digunakan untuk mencari rata-rata pelanggan yang menunggu dalam system antrian (Lq) dan rata-rata satu pelanggan menunggu dalam antrian (Ls), Nilai waktu rata-rata satu pelanggan yang menunggu dalam antrian inilah yang selanjutnya digunakan dalam menentukan jumlah pit yang optimal setelah hasil dari nilai Lq yang dimasukkan ke dalam rumus dan hasilnya diakumulasikan untuk mendapatkan selisihnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa jumlah Pit yang optimal pada bengkel resmi ahass Honda 8642 Surabaya adalah 4 unit dan tidak di butuhkan penambahan jumlah pit stop.


Kata Kunci: Pit Stop, dan Antrian kendaraan.            


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.