HUBUNGAN PENGGUNAAN BAHAN BAKAR SHELL DAN WAKTU PENGAPIAN (IGNITION TIMING) TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR SUPRA X 125CC

ZAINUL ARIFIN

Abstract


Abstrak


Bahan bakar yang baik adalah bahan bakar yang apabila dibakar dapat meningkatkan daya, hemat, serta dapat mengurai pencemaran udara (emisi gas buang). Shell V-power merupakan salah satu BBM dengan kualitas baik namun harga tetap terjangkau dan diharapkan mampu mengurangi penggunaan bahan bakar petrol. Penelitian ini dilakukan pada sepeda motor Supra X 125cc dengan bahan bakar shell V-power RON 95 dan waktu pengapian standart (15° sebelum TMA), 20° sebelum TMA, 22,5° sebelum TMA dan 25° sebelum TMA. Penelitian eksperimen (experimental research) ini menggunakan metode pengujian full open throttle valve untuk pengujian performa mesin dengan standar pengujian SAE J1349 dan standar pengujian kadar emisi gas buang berdasarkan SNI 09-7118.3-2005. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan bakar shell dan variasi timing pengapian dapat menyempurnakan proses pembakaran diruang bakar untuk menaikkan torsi, daya dan menghemat bahan bakar serta dapat menurunkan kadar emisi gas buang sepeda motor Supra X 125cc. Hal ini dibuktikan dari ke empat modifikasi waktu pengapian terdapat hasil yang optimal ditinjau dari ke empat parameter yaitu pada penguian torsi, daya dan konsumsi bahan bakar yang sesuai dengan standar pengujian SAE J1349, persentase peningkatan torsi 5,53%, daya 5,67%, dan persentase penurunan konsumsi bahan bakar 6,74% yang terjadi pada pengapian 20o sebelum TMA. Dan pada pengujian kadar emisi gas buang berdasarkan SNI 09-7118.3-2005 persentase punurunan emisi gas buang CO terjadi pada pengapian 25⁰ sebelum  TMA, yaitu 16,96% sedangkan pada emisi gas buang HC terendah terjadi pada pengapian 15⁰ sebelum TMA dengan bahan bakar shell V-power.


Kata kunci: Shell V-power, waktu pengapian (ignition timing), performa mesin, dan emisi gas buang. 


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.