PENGARUH PENGGUNAAN REAR SPOILER CAMBER AIRFOIL DENGAN VARIASI ANGLE OF ATTACK TERHADAP GAYA AERODINAMIS PADA MOBIL SEDAN

SIAM DWI PRAMONO

Abstract


Aerodinamika adalah cabang ilmu mekanika fluida yang mempelajari tentang akibat yang ditimbulkan oleh udara yang bergerak di sekitar objek. Penerapan aerodinamika banyak diaplikasikan untuk menganalisa aliran udara yang melewati suatu kontur body kendaraan, sehingga akan didapatkan suatu desain body kendaraan yang aerodinamis. Dengan terus meningkatnya populasi kendaraan bermotor khususnya mobil yang diikuti oleh perkembangan modifikasi mobil serta kurangnya pemahaman fungsi penggunaan rear spoiler pada kendaraan yang mendasari adanya penelitian tentang gaya aerodinamis yang bekerja pada mobil sedan dengan tujuan untuk mengetahui distribusi tekanan, koefisien gaya angkat, koefisien gaya hambat, dan profil kecepatan dibelakang kendaraan dengan memvariasikan angle of attack pada rear spoiler model camber airfoil. Penelitian ini dilakukan pada Open Circuit Wind Tunnel Subsonic dengan dimensi test section (365 mm x 365 mm x 1250 mm). Pengambilan data diperoleh secara eksperimental pada model uji yang  menyerupai mobil Honda Civic Generasi Ke-8 yang dibuat dari pelat tembaga dengan skala 1:20 dari dimensi aslinya. Model uji akan diamati distribusi tekanan (  dengan memvariasikan angle of attack (10 ; 15°; 20°) pada rear spoiler model camber airfoil. Selanjutnya data distribusi tekanan (  dihitung untuk mendapatkan nilai koefisien lift pressure ( ) dan koefisien drag pressure ( ). Dilakukan juga pengukuran profil kecepatan ( ) aliran di belakang model uji kendaraan pada rasio X/L 0,32; X/L 0,44; X/L 0,56 dari leading edge pelat datar. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan memvariasikan angle of attack cenderung meningkatkan nilai distribusi tekanan ( ) pada bagian atap model dan menurunkan nilai distribusi tekanan ( ) pada bagian bagasi model. Penurunan nilai koefisien lift pressure ( ) terbesar ada pada variasi angle of attack (AoA) 15° dan Re=1,9x  yakni 0,0378 atau turun 15,66% dari model mobil yang tidak menggunakan rear spoiler, sehingga dapat dikatakan bahwa pemasangan rear spoiler dengan  AoA 15° memiliki dampak terbaik untuk  meningkatkan stabilitas kendaraan. Selain itu, dengan memvariasikan angle of attack juga dapat meningkatkan nilai koefisien drag pressure ( . Nilai koefisien drag pressure (  tertinggi ada pada variasi angle of attack (AoA) 20° dan Re=1,9x  yakni 0,2946 atau naik 7,99% dari model mobil yang tidak menggunakan rear spoiler. Pada saat pengukuran profil kecepatan ( ) di belakang model semua variasi angle of attack cenderung meningkatkan defisit momentum aliran pada semua Re dan semua rasio X/L. Dengan meningkatnya defisit momentum aliran menyebabkan daerah wake juga semakin besar yang berpengaruh pada meningkatnya nilai koefisien drag pressure ( ).


Kata Kunci: Gaya Aerodinamis, Camber Airfoil, Rear Spoiler, Angle of Attack.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.