Jurnal Teknik Mesin | Vol 4, No 01, (2015)

SIMULASI NUMERIK PENGARUH PENGGUNAAN REAR SPOILER MODEL SINGLE AIRFOIL DENGAN VARIASI CAMBER TERHADAP GAYA AERODINAMIKA PADA MOBIL HONDA CIVIC GENERASI KEDELAPAN

ILHAM ABDULLOH HAKAM,

Abstract

Desain body kendaraan selain memberikan nilai estetika pada kendaraan, juga memberikan sebuah efek yang lebih penting bila dilihat dari aspek aerodinamika kendaraan. Desain body kendaraan akan berpengaruh terhadap timbulnya gaya aerodinamika pada kendaraan. Semakin tinggi gaya negatif lift atau downforce akan memberikan gaya dorong kebawah terhadap kendaraan sehingga kestabilan kendaraan akan meningkat. Salah satu cara untuk meningkatkan downforce adalah dengan mengaplikasikan rear spoiler pada kendaraan. Dalam penelitian ini, digunakan rear spoiler tipe inverted airfoil pada sebuah model kendaraan sedan Honda Civic Generasi Kedelapan untuk memberikan downforce pada kendaraan. Rear spoiler dipasang pada ketinggian 0,4 chord dan pada angle of attack sebesar 15º. Chord adalah panjang airfoil dari leading edge hingga trailing edge. Sedangkan angle of attack adalah sudut kedatangan airfoil diukur dari garis chord. Pada airfoil diberikan variasi camber dengan besar 4% chord atau NACA 4415, 6% chord atau NACA 6415, dan 8% chord atau NACA 8415. Panjang chord pada airfoil adalah 300 mm. Metode penelitian yang digunakan adalah simulasi numerik dengan menggunakan ANSYS FLUENT 14.5. Dalam simulasi ini, digunakan model mesh tetrahidral atau segitiga, dengan model turbulen k-ε realizable dengan variasi Reynolds Number 1.2 x 106, 2.4 x 106, dan 3.6 x 106. Data dianalisa dengan menggunakan pendekatan 2D antara lain koefisien lift (CL), koefisien drag (CD), pressure contour, velocity contour, velocity streamlines dan flow separation. Dari hasil simulasi didapatkan bahwa rear spoiler memiliki kemampuan untuk meningkatkan downforce, namun dengan konsekuensi peningkatan gaya drag pada kendaraan.     Dengan mempertimbangkan efisiensi gaya aerodinamika kendaraan, dimana downforce meningkat namun dengan peningkatan gaya drag minimal, variasi airfoil NACA 6415 dipilih sebagai variasi terbaik dengan CL -0.3296 dan dengan peningkatan CD terendah sebesar 10.4% dengan CD 0.3193.

Kata Kunci: CFD, Rear Spoiler, Airfoil, Camber, Gaya Aerodinamika.,


Full TEXT