ANALISIS KUALITAS PRODUKSI PUPUK ZA III DENGAN METODE STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC) (Studi Kasus: PT Petrokimia Gresik)

MOH. NUR FAIZ UBAIDILLAH

Abstract


Abstrak


Produksi pupuk ZA III merupakan salah satu produk dari PT. Petrokimia Gresik dengan jumlah produksi rata-rata 210.000 ton/tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat defect pada pupuk ZA III, penyebab defect, serta perbaikan yang harus dilakukan oleh PT. Petrokimia Gresik


Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kuantitatif, menggunakan metode Statistical Process Control (SPC), instrumen penelitian berupa interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan checksheet, histogram, diagram pareto, diagram fishbone, dan peta kendali P chart.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengendalian produk pada pupuk ZA III masih belum terkendali, dengan tingkat defect sebesar 2,27 %. Jenis defect yang paling banyak terjadi adalah penggumpalan pupuk (cacking) sebesar 67,4 %, karung yang rusak/bocor 27,4 % dan lain-lain sebesar 5,2 %. Penyebab defect antara lain, materials, methods, personnel, machine,. Perbaikan materials yakni dengan meningkatkan pengawasan terhadap kualitas bahan baku, mengganti kayu palet alas karung pupuk yang sudah rusak dengan bahan baku plastik yang lebih tahan lama, perbaikan methods, yakni pengendalian persiapan sesuai standart dan pengawasan secara intensif, personnel, dengan melakukan pelatihan / training terhadap pegawai-pegawai baru, Perbaikan machine, dengan meningkatkan perawatan dan pemeliharaan pada mesin produksi di unit produksi ZA III PT. Petrokimia Gresik.


Kata Kunci : Kualitas Pupuk, Statistical Process Control


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.