MODIFIKASI VOLUME SILINDER DAN PENERAPAN EFI TERHADAP PERFORMA SUPRA X 2002

BIMA ANGGANA WIDARTA PUTRA

Abstract


Abstrak


Berdasarkan Undang-Undang Lalulintas Jalan Raya No 22 tahun 2009 tentang Uji Emisi, yang mengharuskan seluruh kendaraan di Indonesia menggunakan standar Euro 3. Demi memenuhi hal tersebut sebagian besar  pabrikan berfokus pada pengatian proses pengabutan bahan bakar dari karburator menjadi injeksi. Selain itu hal yang bisa dilakukan untuk mengubah performa mesin adalah dengan memodifikasi komponen mesin. Modifikasi yang dilakukan adalah dengan memodifikasi volume silinder. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi volume silinder serta penerapan sistem EFI terhadap performa Honda Supra X Tahun 2002. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Hasil pengujian menunjukkan bahwa untuk torsi terbaik pada pada eksperimen 2 yang mengalami  modifikasi volume silinder menjadi 105 cc dan EFI torsi maksimal sebesar 8,51 N.m pada putaran 5500 rpm dan daya terbaik juga pada eksperimen 2 dengan daya maksimal sebesar 6,1 kW pada putaran 8000 rpm. Hasil pengujian konsumsi bahan bakar menunjukkan hasil terbaik pada eksperimen 1 mengkonsumsi bahan  sebesar 0,72 liter/jam pada putaran 9000 rpm. Hasil pengujian paling optimum yaitu pada eksperimen ke 2 eksperimen 2 volume silinder 105cc dengan penerapan sistem EFI dimana pada pengujian torsi dan daya tertinggi dan kosumsi bahan bakar tidak terlalu boros..


 


Kata Kunci: Sistem Fuel Injection (EFI), Volume silinder, Performa Mesin


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.