SIMULASI NUMERIK VARIASI LEADING EDGE DAN TRAILING EDGE BODI MOBIL TERHADAP KARAKTERISTIK AERODINAMIKA MODEL MOBIL CHEV

REZA JOVANDA PRABOWO

Abstract


Abstrak


Bentuk bodi kendaraan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi laju kendaraan, efisiensi bahan bakar yang digunakan, hingga kestabilan dalam berkendara. Laju kendaraan dan efisiensi bahan bakar dipengaruhi oleh gaya drag yang melaju berlawanan dengan arah laju kendaraan. Semakin rendah gaya drag yang diterima, maka akan membuat kendaraan lebih berjalan kencang dan penggunaan bahan bakar lebih efisien. Salah satu cara untuk menurunkan nilai drag adalah dengan memvariasikan leading edge dan trailing edge pada bodi kendaraan. Dalam penelitian ini, variasi leading edge dan trailing edge dilakukan pada bodi model mobil Chev. Pada bagian leading edge, tinggi ujung depan divariasikan dengan perbandingan antara tinggi ujung depan dari sumbu x dengan tinggi leading edge. Tinggi leading edge yang dimiliki adalah 476,5mm. Penelitian dimulai dengan bentuk leading edge sebelum divariasi dengan rasio 0,2. Kemudian dilakukan variasi dengan rasio 0; -0,1; 0,4; dan 0,5. Selain itu, bagian trailing edge juga divariasikan dimulai dengan bentuk sebelum divariasi dengan sudut kemiringan 10o. Kemudian divariasikan dengan sudut kemiringan 15o. Metode penelitian yang digunakan adalah simulasi numerik dengan menggunakan software CFD (Computational Fluid Dynamics) ANSYS FLUENT 14.5. Dalam simulasi ini, digunakan model mesh triangle atau segitiga, namun pada bagian bodi dan jalan diberi inflation layer. Digunakan model turbulen k-ε realizable dengan variasi Reynolds number 1,3 x 106; 2 x 106; dan 2,8 x 106. Data hasil yang dianalisa adalah velocity contour, pressure contour, velocity streamlines, stagnation point, separation point, Coefficient drag (CD), dan Coefficient lift (CL).


Dari hasil simulasi yang didapatkan bahwa dengan memvariasikan tinggi leading edge nilai CD semakin meningkat. Penurunan nilai CD didapat setelah dilakukan variasi pada kemiringan trailing edge. Dengan mempertimbangkan efisiensi gaya aerodinamika kendaraan dimana nilai CD menurun sedangkan nilai CL meningkat namun tidak signifikan, maka variasi trailing edge dengan sudut kemiringan 15o  dipilih sebagai variasi terbaik dengan nilai CD 0,1715 dan dengan nilai CL 0,1511 atau mengalami peningkatan sebesar 5,7%.


Kata Kunci: Simulasi Numerik, Leading Edge, Trailing Edge, Karakteristik Aerodinamika 


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.